Basagita Community — Ketika sariawan menyerang, tentunya Basagiters akan merasa sangat terganggu, bukan? Sariawan dapat membuat Anda menjadi kehilangan nafsu makan, karena setiap kali makan lidah atau tempat sariawan akan terasa perih. Bahkan untuk sekadar melakukan kegiatan minum pun rasa perih tak bisa dihindari. Bahkan saat akan melakukan aktivitas menyikat gigi, bisa jadi Basagiters menitikkan airmata karena perih yang dirasakan. Berbagai macam cara untuk mengobati sariawan pun akhirnya dilakukan.

pict source by Google – cantikitu.com

Menyimak sebuah laman kesehatan,sebenarnya mengobati sariawan dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 10-14 hari. Namun, untuk bertahan dalam kondisi yang sangat tidak nyaman ini, jangka waktu tersebut pastilah dirasa sangat lama. Untungnya, ternyata Basagiters bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Cara dan bahan yang dipakai juga benar-benar alami dan mudah.
Jadi, apa saja kira-kira langkah yang harus dilakukan? Mari disimak 10 tips alami mengobati sariawan berikut ini:
  • Basagiters bisa berkumur dengan larutan air garam sebanyak 3-4 kali sehari. Larutan ini terbuat dari setengah sendok teh garam yang dicampur dengan segelas air atau, Basagiters juga bisa berkumur dengan larutan baking soda. Takaran larutan baking soda adalah satu sendok teh baking soda yang dilarutkan dengan setengah cangkir air hangat.
  • Rutin menyikat gigi dan memakai benang gigi. Ini berfungsi untuk menghindari sariawan agar tidak terkena infeksi bakteri.
  • Oleskan sedikit magnesium hidroksida cair pada sariawan. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.
  • Jangan mengkonsumsi makanan asam ataupun pedas, karena sudah pasti akan memicu rasa sakit yang berlebihan dan iritasi.
  • Tempelkan bongkahan kecil es batu pada sariawan, biarkan sampai es batu itu meleleh.
  • Perbanyak porsi meminum air putih. Air putih sudah terbukti merupakan obat sariawan yang paling alami.
  • Memakan makanan yang lunak dan mudah ditelan. Sajikan makanan dalam bentuk digiling, dipotong kecil-kecil, ataupun dihaluskan.
  • Menghindari makanan asin, keripik kentang, cokelat, biskuit atau kacang-kacangan yang dapat berpotensi mengikis mulut. Hindari juga minuman sejenis soda, makanan yang terlalu panas, terlalu manis dan terlalu dingin.
  • Dilarang keras untuk menyentuh sariawan, sebab hal ini bisa mengganggu proses penyembuhan dan membuat infeksi menyebar.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur yang kaya akan vitamin B, zat besi dan juga vitamin C.
Saat semua tips di atas sudah dilakukan dan ternyata sariawan belum sembuh juga, Basagiters disarankan untuk melakukan pengecekan ke dokter. Apalagi kalau sariawan sering kali muncul secara berulang, semakin menyebar dan membesar, atau bahkan belum sembuh dalam rentang waktu lebih dari tiga minggu. Salam sehat selalu, Basagiters!
[Ditulis oleh Syefrianidar]

Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *