Basagita Community — Basagiters, ada yang tahu lirik lagi dibawah ini?

 Harta yang paling berharga adalah keluarga

Istana yang paling indah adalah keluarga

Puisi yang paling bermakna adalah keluarga

Mutiara tiada tara adalah keluarga

(Harta Berharga Ost. Keluarga Cemara – Bunga Citra Lestari)

 

Familiar dengan lagu itu? Ya, lagu Keluarga Cemara versi sinetron yang begitu popular dinyanyikan oleh Novia Kolopaking pada tahun 1996 ini di remake dan dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari untuk versi layar lebarnya. Kisah Keluarga Cemara merupakan karya Arswendo Atmowiloto di majalah Hai sejak tahun 1970-an. Kemudian kisah tersebut diadaptasi dalam novel dan sinetron.

Basagiters masih ingat tentang Keluarga Cemara versi sinetron? Bagaimana bersahajanya sebuah keluarga menghadapi masalah yang datang bertubi-tubi dan tidak kehilangan jati diri. Keluarga Cemara versi layar lebar masih tetap mengusung tema yang sama. Cerita tentang keluarga kaya yang mendadak jatuh miskin.

Dari cuplikan film produksi Visinema Pictures untuk Keluarga Cemara layar lebar, terlihat Ara (Widuri Puteri), sang tokoh sentral film, menampilkan berbagai macam polah. Diawali dengan adegan teater saat Ara memainkan karakter pohon dan bercerita bahwa perannya tidaklah penting. Yang paling menggemaskan adalah ketika Ara berteriak bahagia ketika Abah (Ringgo Agus Rahman) mengumumkan bahwa mereka bangkrut.

Film layar lebar ini disutradari oleh Yandy Laurens dan dijadwalkan akan rilis pada tanggal 3 Januari mendatang. Selain Widuri Puteri sebagai Ara dan Ringgo Agus Rahman sebagai Abah, film ini juga akan menampilkan Zara JKT 48 sebagai Euis dan Nirina Zubir sebagai Emak serta beberapa pemeran pendukung lainnya seperti Yasamin Jasem, Kafin Sulthan, Asri Welas, Maudy Koesnadi dan Joshia Frederico.

Berbeda dengan versi cerita, novel dan sinetron, dalam film layar lebarnya tidak ada peran Agil (anak ketiga dalam Keluarga Cemara). Namun, hal ini tidak mengurangi keseruan dan keharuan dalam film. Setidaknya, ada tiga alasan kenapa Basagiters harus menonton film ini.

1. Kehangatan film keluarga

pict source by Google – Liputan 6

Di tengah gempuran film horor Indonesia, film Keluarga Cemara merupakan film keluarga yang akan mengingatkan kita kembali akan pentingnya keluarga serta bagaimana menciptakan kehangatan dan kekompakan satu sama lainnya.

2. Relatable dengan zaman sekarang

pict source by Google – popbela.com

Meskipun remake, tapi film ini menghadirkan alur di luar ekspektasi. Permainan emosi yang kental adalah bukti bahwa para pemain mampu berakting dengan baik. Dijamin, kamu bisa tertawa sekaligus menangis, Basagiters.

3. Belajar parenting

pict source by Google – Medcom

Dalam film ini, kita akan banyak belajar bagaimana membangun keluarga yang ideal, belajar bagaimana caranya bertahan dan mencari jalan keluar dari masalah yang ada.

 

Jadi makin penasaran kan sama film legend ini? Film ini memang wajib ditonton bersama keluarga di awal tahun. Jangan lupa nonton di bioskop kesayangan kalian ya, Basagiters!

 

Catatan:

Penulis menjadi pemenang tiket Gala Premier pemutaran film Keluarga Cemara yang diadakan oleh Storial.co, Nulisbuku.com dan Visinema Pictures

 

[Ditulis oleh Ayas Ayuningtyas]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *