Basagita community – Hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang merupakan sebuah hari yang paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Dimana di hari itu, Negara Indonesia berhasil menyatakan kemerdekaannya. Jika dahulu para pejuang negara Indonesia berperang melawan penjajah, saat ini kita dituntut untuk bisa memerangi ketidakadilan yang kerap terjadi di sekitar.

Selain memerangi ketidakadilan, sudah menjadi sebuah tradisi jika setiap bulan Agustus masyarakat akan mengadakan lomba guna memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73. Biasanya setiap daerah memiliki beberapa lomba wajib yang harus ada pada setiap perayaan hari kemerdekaan seperti lomba balap karung, lomba makan kerupuk, atau lomba memasukkan paku ke dalam botol.

Seiring dengan perkembangan zaman, ada beberapa jenis lomba unik yang bisa Basagiters temui di kalangan masyarakat Indonesia saat mengadakan perlombaan guna memperingati HUT RI, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Lomba balap karung memakai helm

Lomba balap karung memakai helm [youtube]

Lomba balap karung memakai helm [youtube]

Lomba balap karung yang sering kita lihat tentu berbeda dengan lomba yang satu ini. Jika lomba balap karung Zaman dahulu peserta memasuki karung dan melompat untuk mencapai garis finish dan mendapatkan peringkat juara. Lomba balap karung saat ini lebih unik, bukan hanya moto GP saja yang berlomba dengan menggunakan helm. Tetapi lomba balap karung ini juga di modifikasi, dengan seluruh tubuh dimasukkan dalam karung, kecuali kepala. Yang membuat unik lomba ini adalah pemakaian helm yang dinilai sebagai safety, keseruan terjadi saat peserta berlomba mencapai garis finish dengan cara melompat. Tingkat kesulitan pada permainan pun bisa dibilang lebih sulit dibandingkan dengan lomba balap karung biasanya.

 

2. Lomba mengendarai sepeda di atas air

Lomba mengendarai sepeda di atas air [youtube]

Lomba mengendarai sepeda di atas air [youtube]

Lomba unik selanjutnya adalah lomba bersepeda di atas air. Jika lomba adu kecepatan dalam mengendarai sepeda sudah menjadi hal yang biasa dan tidak lagi mengundang keseruan, saat ini lomba mengendarai sepeda juga mengalami perubahan. Terbukti dengan adanya permainan yang menuntut pemainnya untuk bisa menjaga keseimbangan dalam bersepeda di atas bambu atau jembatan kecil yang menghubungkan sisi sungai yang satu ke sisi yang lainnya. Dalam permainan ini keseimbangan sangat dibutuhkan, jika peserta tidak bisa menjaga keseimbangan tubuh dan sepeda yang dikendarainya bisa dipastikan jika peserta akan terjatuh dalam air.

 

3. Lomba futsal memakai daster atau sarung

Lomba futsal memakai daster atau sarung [bantenport]

Lomba futsal memakai daster atau sarung [bantenport]

Lomba unik selanjutnya datang dari kalangan bapak-bapak yang ingin tetap menyumbangkan ekksistensinya dalam bermain sepak bola. Hanya saja permainan yang dimainkan oleh 6 anggota ini mengharuskan setiap pesertanya untuk mengenakan sarung ataupun daster. Terbayang bukan ? bagaimana repotnya para lelaki berlari mengelilingi lapangan dengan daster atau sarung yang mengganggu langkah kakinya? Keseruan ini yang menjadi magnet bagi penikmat futsal berdaster.

 

4. Lomba merias wajah dengan mata tertutup

Lomba futsal merias wajah dengan mata tertutup [flicker]

Lomba futsal merias wajah dengan mata tertutup [flicker]

Jika merias wajah dengan mata terbuka mungkin akan menghasilkan make up yang bagus dan memberikan efek cantik pada wanita. Namun bagaimana jika merias wajah dengan mata tertutup dan dilakukan oleh para suami kepada istrinya? Terbayang keseruan yang mungkin terjadi kan Basagiters? Bukan lipstik yang mampir ke bibir melainkan pensil alis atau sebaliknya.

 

5. Lomba tangkap bebek atau ikan di sawah

Lomba tangkap ikan [youtube]

Lomba tangkap ikan [youtube]

Bagi masyarakat yang hidup di pedesaan, sawah merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi. Dalam menyambut HUT RI, sawah dijadikan sarana  untuk melakukan sebuah permainan unik, yakni lomba menangkap bebek atau ikan dengan tangan kosong. Keseruan saat banyak peserta jatuh bangun dalam kubangan lumpur sudah pasti akan mengundang tawa dan menambah keseruan dalam permainan ini.

Nah Basagiters, adakah lomba unik yang terdapat pada daftar diatas ada didaerah sekitarmu? Pasti akan sangat menyenangkan jika kita ikut serta memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan ikut serta dalam perlombaan yang diadakan oleh panitia di sekitar bukan? So, jangan sampai melewatkan momentum paling bersejarah bagi bangsa kita ya. 

 

[Elly Almayra]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *