Basagita Community — Sahabat Basagiters, tubuh manusia terdiri dari puluhan organ. Setiap organ memiliki peran dan manfaat masing-masing. Kesemua organ ini yang membuat tubuh bisa bergerak dan berfungsi dengan baik. Sayangnya, kita sering mengganggap beberapa organ tubuh tidak terlalu penting dibanding yang lainnya, sehingga menjadi organ yang terabaikan. Kita bahkan tidak sadar akan keberadaannya. Padahal, bila salah satu organ ini tak berfungsi baik, kita akan kesusahan beraktivitas.

Apa saja organ yang terabaikan dan sering kita anggap sepele namun ternyata memiliki peran penting bagi tubuh? Berikut ulasannya:

1. Kulit

pict source by: Hello Sehat

Kulit merupakan organ yang paling besar dari tubuh kita. Ini merupakan lapisan terluar yang menutupi seluruh tubuh. Terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan epidermis, dermis, dan subkutis.

Organ ini memiliki banyak peran sekaligus paling berpotensi mengalami banyak masalah. Kulit memiliki peran penting, organ ini bertugas menjaga semua bagian tubuh tetap pada tempatnya.

Selain itu, kulit berfungsi melindungi tubuh dari patogen, menjaga agar tidak dehidrasi, mengatur suhu, pelindung agar tubuh kedap udara, kedap air, dan sensasi rasa. Kulit bersifat fleksibel, mudah berubah mengikuti pergerakan organ tubuh lainnya.

2. Lensa Mata

pict source by: Erabaru

Organ ini terletak di belakang iris, bersifat lunak dan transparan. Lensa mata bertugas menerima cahaya dan meneruskannya ke retina. Organ ini yang bertanggung jawab atas pengaturan fokus cahaya, sehingga cahaya jatuh tepat di bintik kuning retina.

Organ ini memiliki kemampuan akomodasi, yaitu kemampuan otomatis untuk menebal, menipis, mencembung, dan memipih sesuai jarak benda. Jadi dimana pun sebuah objek berada, kita akan bisa melihatnya.

3. Uterus

pict source by: VeryWell Health

Uterus atau rahim adalah organ reprosuksi wanita. Organ ini memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan peradaban manusia. Di dalam organ inilah, janin, calon manusia baru, tumbuh dan berkembang.

Struktur uterus tercipta sangat sempurna sehingga mampu mencukupi kebutuhan janin yang ada di dalamnya. Uterus juga berfungsi sebagai pendorong janin dan placenta saat masa persalinan tiba.

Uterus pula yang mengendalikan pendarahan saat persalinan.

4. Tempurung Lutut

pict source by: Hello Sehat

Dalam istilah kedokteran disebut “patela”. Organ ini merupakan tulang berbentuk segitiga tebal yang berhubungan dengan tulang paha.

Tempurung lutut adalah organ yang terus berkembang. Saat masih bayi, organ ini hanya berbentuk tulang rawan dan akan berkembang mengikuti pertumbuhan tubuh.

Fungsi organ ini adalah melindungi sendi lutut. Selain itu juga berguna untuk mengurangi efek cidera pada lutut. Tanpa tempurung lutut, kita akan kesulitan menekuk, meluruskan kaki, bahkan mungkin kesusahan berjalan.

5. Sistem Vestibular

pict source by: Medika Share

Sistem vestibular berfungsi menjaga keseimbangan tubuh. Organ ini terletak di dalam lubang telinga dekat dengan gendang. Sistem ini juga berguna untuk koordinasi dan mengontrol gerak tubuh manusia.

Tanpa sistem ini, kita akan seperti orang mabuk dan mudah jatuh. Saat kita melihat segala sesuatu seperti berputar, ini menandakan ada gangguan pada sistem vestibular.

 

Bagaimana sahabat Basagiters? Kelima organ ini sering tak terpikirkan untuk dijaga kesehatannya, ya. Selain memang tak terlihat, kita juga jarang memerhatikannya. Setiap organ adalah penting, agar tubuh bisa berfungsi maksimal. Mari jaga seluruh tubuh kita dengan baik, agar selalu dalam kondisi prima dan tidak menjadi organ yang terabaikan.

 

 

[Ditulis oleh Nc. Suryani]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *