Basagita Community — Hai, Sahabat Basagiters! Kabupaten Cilacap yang terdapat di Jawa Tengah memang tidak setenar kota-kota tujuan wisata lainnya, namun mempunyai potensi wisata pantai yang cukup besar. Cilacap juga terkenal dengan Pulau Nusakambangan sebagai penjara kelas kakap beberapa kasus korupsi dan narkoba. Meskipun terkenal akan penjaranya, tetapi tidak membuat Cilacap kehilangan pantai yang eksotis dan indah.  Luangkan waktu  untuk berkunjung ke pantai-pantai eksotis di Cilacap.

Berikut ini adalah 5 pantai di Cilacap yang eksotis dan menyejukkan mata yang kerap dikunjungi wisatawan, antara lain:

Pantai Widarapayung

Pict From: KSMtour.com

Pantai Widarapayung adalah satu diantara tempat wisata favorit warga Cilacap. Pantai berpasir putih nan cantik terletak di desa Widarapayung Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. Pantai ini populer dengan keindahan pantai serta deburan ombak yang sering dijadikan arena surfing, voli pantai, serta berkuda. Ingin mencoba adrenalin dengan menaiki kuda, disini tempatnya. Gemuruh ombak dengan pemandangan kapal nelayan berlayar sangat cocok dinikmati sambil bersantai di gubung yang berjejer di bibir pantai. Jika ingin menginap, di sekitar pantai banyak terdapat penginapan dengan harga terjangkau. Tentu saja beragam makanan khas juga tersedia, seperti gembus, pecel, dan mendoan.

Pantai Sodong

Pict From: ellga14java.blogspot.com

Pantai Sodong yang terletak di Desa Karangbenda Kecamatan Adiapala, Cilacap. Pantai berpasir hitam beludru satu ini sayang untuk dilewatkan. Pesona indah pantai Sodong yang dihiasi pohon cemara ditanam berjejer rapi memiliki nilai estetika tinggi saat dipandang. Pantai Sodong juga dijuluki Pantai Selok karena lokasinya berdekatan dengan Gunung Selok. Setelah memasuki pintu masuk, akan terlihat tebing-tebing dari Gunung Selok yang tinggi. Keberadaan tebing-tebing tersebut, menjadikan Pantai Sodong seolah dikelilingi gunung. Pemburu foto unik atau selfie pantai Sodong ini dapat dijadikan salah satu tujuannya. Apabila hari cerah, akan ada sunset yang memukau. Di sela-sela pohon cemara terdapat ayunan yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati sunset dan menatap ombak yang tenang. Pantai Sodong juga dapat dijadikan tempat memancing karena masih banyak terdapat ikan yang mudah dipancing.

Pantai Teluk Penyu

Pict From: Tempat Wisata

Semua aktifitas penyeberangan wisata menuju Pulau Nusakambangan bermula dari pantai Teluk Penyu. Pantai ini secara administratif berada di kecamatan Cilacap Selatan yang berjarak dua km dari pusat kabupaten Cilacap. Baik mobil maupun kendaraan bermotor dapat dengan mudah mengakses pantai ini.

Pantai Teluk Penyu mempunyai dermaga beton yang umumnya digunakan warga untuk memancing. Dari pantai ini akan melihat pemandangan lalu lalangnya kapal tanker, serta kilang Pertamina dan hijaunya Pulau Nusakambangan dari kejauhan. Pantai Teluk Penyu ini pantai berpasir hitam dan ada tulisan Teluk Penyu di pinggir pantai sebagai icon pantai. Diketahui dahulu kala pantai ini merupakan tempat konservasi bagi penyu-penyu laut yang akan bertelur. Karena padatnya lalu-lintas kapal di laut, maka penyu-penyu tersebut tidak berani untuk datang ke pantai teluk penyu untuk bertelur.

Pantai Karang Pandan

Pict From: Ok Nusantara

Keindahan Pantai Karang Pandan tidak diragukan lagi.Pasir putih yang menghampar di sepanjang pantai ditambah suasana yang asri dan sejuk. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, namun agak susah jika dipakai untuk berenang. Selain ombaknya relatif besar terdapat banyak karang. Pantai Karang Pandan ini sering dijadikan sebagai tradisi sedekah laut (larung sesaji) yang diadakan setiap hari Kamis Wage (penanggalan Jawa).

Pantai Selok Pipo

Pict From: jateng.tribunnews.com

Pantai Selok Pipo ini masih cukup perawan dan tersembunyi di balik perbukitan. Satu-satunya cara menuju ke sana adalah dengan berjalan kaki melewati jalan setapak. Disarankan agar menyewa pemandu, karena jalan setapak ini memiliki cabang yang cukup membingungkan. Pantai Selok Pipa merupakan salah satu surganya para pemancing atau mancing mania, tetapi masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena jaraknya cukup jauh dan memang belum terkelola sebagai obyek wisata.

Itulah kelima pantai di Cilacap yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata liburan Anda bersama dengan keluarga. Apabila berkunjung ke pantai – pantai tersebut harus tetap menjaga kebersihan kawasan pantai dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Selamat berwisata!

 

[Penulis : Purwani Wijayanti]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *