Basagita Community — Mungkin kata jijik dan kotor langsung terlintas di benak para Basagiters ketika mendengar nama makhluk yang satu ini. Fakta lalat diantaranya adalah kehadirannya yang selalu membuat Anda terutama kaum hawa jijik bahkan cenderung geli bila melihat serangga ini hinggap di makanan. Ada banyak cara dan upaya untuk mengusir serangga ini, tetapi tetap saja kehadirannya tidak dapat dihindari bila di rumah banyak makanan.

Tetapi percayakah Anda jika ternyata hewan ini mempunyai manfaat untuk kesehatan? Berikut ini akan dijabarkan 7 informasi menarik dan menggelitik seputar fakta lalat yang salah satunya bermanfaat untuk kesehatan.

Lalat adalah si pengendus yang sangat handal

pict source by: http://santinorice.com/cara-mengusir-lalat/

Indera penciuman lalat tergolong hebat. Lalat memiliki kemampuan untuk mencium aroma makanan hingga radius 2 kilometer. Jadi tidak heran jika lalat bisa datang dari arah mana saja jika mendapati sinyal aroma makanan.

 

Satu lalat sudah bisa menjadi gudang bakteri

Anggapan yang sangat benar jika lalat disebut sebagai hewan yang kotor, karena terbukti satu ekor lalat punya kemampuan menyimpan kira-kira 200 bakteri yang beragam di seluruh bagian tubuhnya. Luar biasa, kan Basagiters

 

Sayap ajaib yang menyehatkan.

pict source by: https://news.berdakwah.net/2018/03/analisis-hadist-tentang-obat-pada-sayap-lalat.html

Satu-satunya yang memiliki manfaat positif dari seekor lalat terletak pada bagian tubuh ini. Sayap lalat berguna bagi kesehatan karena mempunyai gen reflin yang mengandung zat berkhasiat mengobati berbagai penyakit gangguan saraf semisal arteri dan meina. Gen reflin ini juga yang menyebabkan lalat mampu mengepakkan sayap dari 200 hingga 400 kali per detiknya.

 

Pendek usia namun bertelur banyak

pict source by: http://www.faisalriza.com/2018/02/makan-telur-lalat.html

Usia lalat terbilang pendek. Ia hanya mampu bertahan hidup selama 30 hari. Tetapi lalat betina punya kemampuan untuk bertelur sekitar 3000 butir dan cuma butuh waktu 14 hari saja untuk menetas. Jumlah yang sangat fantastis kan Basagiters?

 

Makhluk yang tergolong sering buang air

Memang si lalat ini biangnya hewan jorok. Dalam kurun waktu 4-5 menit, sudah bisa dipastikan lalat akan buang air. Jadi Basagiters harus waspada. Jika lalat menghinggapi tubuh Anda lebih dari 4 menit, maka sudah pasti hewan ini buang air.

 

Muntah di atas makanannya sendiri.

Selain jorok dan menjijikkan, lalat pun punya kebiasaan yang aneh sebelum ia makan. Lalat pasti akan memuntahkan isi perutnya ke atas makanan tersebut. Jorok sekali! Tapi lalat melakukan ini bukan tanpa sebab.

Muntahan lalat mengandung enzim volidrop yang berfungsi mencairkan makanan agar lebih gampang dicerna.

 

Ribuan lensa mata tetapi rabun

pict source by: https://www.utakatikotak.com/kongkow/detail/8/Mata-Lalat-Menginspirasi-Kamera-Pendeteksi-Gerak

Lalat memiliki dua mata dengan jumlah lensa sekitar 4000 yang berkemampuan melihat hampir ke semua penjuru.

Namun sayangnya, meski mempunyai lensa mata ribuan, lalat tidak dapat melihat dengan sempurna alias rabun. Ia pun sangat sulit membedakan warna.

Tetapi seperti biasa, dibalik kekurangan pasti terselip kelebihan. Lalat teramat sensitif terhadap gerakan. Itu sebabnya makhluk ini sulit ditaklukkan dengan alat pemukul lalat. Ia dengan mudahnya menghindari alat pemukul walau tengah membelakangi kita.

 

Semoga dengan paparan informasi di atas, pengetahuan Basagiters di rumah mengenai fakta lalat jadi makin luas, ya. Selamat beraktifitas Basagiters!

 

[Ditulis oleh Syefrianidar]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *