Basagita Communitty — Hai, Basagiters! Apakah Anda sudah makan ikan hari ini? Bila belum, siap-siap Anda akan ditenggelamkan oleh Bu Susi Pudjiastuti. Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini sudah lama mengkampanyekan gemar makan ikan. Karena mengkonsumsi ikan itu sendiri memang sangat baik untuk kecerdasan otak, apalagi otak  anak yang masih dalam usia emas atau yang biasa dikenal dengan golden ages. Mengkonsumsi ikan juga memberikan manfaat lainnya yakni membantu pertumbuhan dan menguatkan tulang. Untuk Ibu hamil, mengkonsumsi ikan secara rutin dapat menurunkan resiko kelahiran bayi premature dan berat bayi yang rendah.

Apakah Anda penggemar ikan? Pasti sudah tidak asing dengan ikan mujair, bukan? Ternyata ikan mujair dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat bahkan lebih lezat dibandingkan dengan olahan masakan cepat saji di pasaran. Tidak hanya di goreng saja, tetapi ikan yang satu ini dapat di olah menjadi makanan yang enak dengan barbagai macam olahan. Apalagi untuk Anda yang memiliki anak susah makan ikan, wajib untuk Anda coba di rumah agar anak-anak menjadi penggemar ikan seperti orangtua mereka.

Berikut ini adalah beberapa olahan ikan mujair yang dapat Anda coba di rumah. Diantaranya adalah:

Di Goreng

pict from Cookpad.com

Mengolah ikan mujair yang paling mudah adalah dengan digoreng .  Setelah ikan mujair dibersihkan, siapkan bumbu pelengkapnya agar makin lezat dan nikmat. Untuk bumbu pelengkapnya, sebagai berikut; garam, gula, bawang putih, ketumbar, kunyit,dan jahe. Lebih mantap ikan mujair goreng dicocol dengan sambal terasi atau kecap sambal ya, Basagiters!

Di Asap

pict from Cookpad.com

Mengolah mujair dengan diasap memberikan cita rasa yang berbeda. Selain lezat mujair asap juga lebih tahan lama. Berikut cara membuat mujair asap; bersihkan  ikan dari kotoran dan isi perutnya, rendam  mujair dalam  air garam selama 2 jam, angkat tiriskan. Jika sudah kering susun di atas bakaran. Bakar dengan api dari sabut kelapa agar asapnya melimpah. Mujair bakar siap dinikmati, dan menariknya Basagiters, bila ikan mujair tersebutmasih dalam keadaan segar maka Anda tidak perlu melakukan perendaman.

Di Dendeng

pict from Cookpad.com

Mujair dendeng cocok dinikmati dengan sayur asam dan sambal terasi. Cara membuatnya sangat mudah, hasilnya bisa di simpan karena melalui proses pengeringan sehingga bisa bertahan lama.

Cara membuat mujair dendeng adalah sebagai berikut: bersihkan ikan dari sisiknya, kemudian belah punggungnya sehingga berbentuk melebar, buang kotorannya, setelah bersih celup dengan bumbu seperti bumbu celup untuk ikan mujair panggang di point no 1. Hanya saja untuk dendeng mujair tidak perlu dikasih air di bumbunya agar  proses pengeringan lebih cepat.

Di Tim

pict from Cookpad.com

Nama masakan ini mungkin hanya ada di daerah Sedati saja, karena tim mujair sudah sangat terkenal di daerah Sedati, Sidoarjo. Mujair kuah kuning  ini sangat menggugah selera makan. Tim mujair sangat segar, apalagi di tambahkan beberapa cabai dalam kuah kuningnya.

Cara membuat tim mujair sangat mudah, setelah ikan dibersihkan, rebus ikan ke panci dengan air secukupnya tambahkan irisan kunyit dan asam mentah hingga mendidih. Sambil menunggu air ikan mendidih, siapkan bumbu halus dari, garam, gula, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, kunyit dan laos. Setelah mendidih, ambil rebusan asam mentah tekan-tekan ke dalam bumbu halus tadi, masukkan axtrak bumbu dan  kunyit ke dalam panci. Tambahkan beberapa biji cabai ke dalam panci, tunggu 5 menit. Tim mujair siap dinikmati.

Di Panggang

pict from Cookpad.com

Panggang mujair pedas sangat cocok dikonsumsi dengan urap-urap atau sayur asam. Cara mengolah mujair panggang sangat mudah, bersihkan ikan, oles dengan bumbu halus matang dari garam, gula, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai, kemiri, ketumbar, daun jeruk, tomat, kunyit, laos, jahe, kencur. Panggang dalam api arang, dan mujair panggang siap disajikan untuk Anda sekeluarga.

Di Botok

pict from Laukpauk.id

Botok mujair sangat mudah dibuat. Caranya sebagai berikut; bersihkan ikan mujair, siapkan  bumbu halus dari  gula, garam, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, ketumbar, kunyit, laos, dan daun jeruk. Balur ikan dengan bumbu dan bungkus dengan daun pisang, kukus kurang lebih 30 menit. Botok mujair siap dinikmati.

Di Semur

Mujair semur ini mungkin prosesnya agak lama ya, Basagiters. Karena, harus digoreng dulu sebelum diolah dengan bumbu semur. Bumbunya mudah, siapkan  bawang merah, bawang putih, merica, gula, garam, haluskan. Masukkan ke panci rebusan mujair yang telah digoreng. Tambahkan  irisan jahe, tomat, kecap dan bawang goreng. Semur mujair siap dinikmati.

Nah Basagiters, demikianlah 7 macam  olahan ikan mujair. Semoga dapat membantu Anda mengatasi kebingungan mengolah ikan dalam upaya pemenuhan gizi keluarga. Dari semua olahan ikan mujair di atas, manakah yang menjadi favoritmu?

 

[Ditulis oleh Halimah Sadiyah]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *