Basagita Community — Beberapa mitos seputar meredakan sakit gigi yang tersebar dari mulut ke mulut. Ada yang benar ada juga yang malah menjerumuskan beberapa orang yang giginya rontok setelah diberi ragi atas saran salah satu kawannya bekerja.

Meskipun sakit gigi sangat menyiksa, jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk mencabutnya jika sudah reda. Nah, Basagiters berikut tips meredakan sakit gigi:

Berkumur dengan air garam hangat

pict from: Grid.ID

Garam mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, tak kurang dari 75 jenis mineral yang terkandung di dalamnya. Caranya sangat mudah hanya dengan melarutkan garam dalam segelas air hangat kemudian dibuat berkumur. Berkumur dengan garam yang dicampurkan dengan air hangat dapat membuat kondisi gigi yang sedang sakit menjadi lebih nyaman. Air campuran tersebut juga bisa membantu membunuh semua bakteri dimulut, sehingga bakteri yang berada di gigi pun akan mati. Ritual berkumur dengan air garam hangat sebelum tidur bisa mengurangi frekuensi sakit gigi muncul lagi.

Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman pemicu

pict from: Meetdoctor.com

Biasanya penderita sakit gigi memiliki gigi yang sensitif. Nah jika pernah mengalami keluhan sakit gigi, hindarilah makanan atau minuman yang bisa memicu gigi sakit lagi. Hindarilah makanan/ minuman yang manis, panas atau dingin maupun yang pedas karena bisa mengiritasi gigi dan semakin menimbulkan rasa sakit.

Bawang Putih

bawang putih (dreamsitine)

Salah satu cara yang digunakan oleh orang-orang jaman dulu untuk meredakan sakit gigi adalah dengan bawang putih. Menurut Mediskus, bawang putih bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bawang putih juga mengandung zat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi

Caranya sangat mudah, haluskan satu siung bawang putih segar, tambahkan garam satu sendok teh. Jadikan tumbukan bawang putih dan garam ini sebagai pasta gigi. Atau tempelkan pada gigi yang sakit, biarkan 30 menit, kemudian kumur.

Minum rebusan jahe merah hangat

pict from: SolusiSehatku.com

Jahe memang banyak mengandung zat anti peradangan. Minum rebusan jahe merah hangat sangat membantu meringankan sakit gigi. Itu beberapa kali terbukti pada saya, setiap saya sakit gigi tak tertahankan saya meminum rebusan jahe merah hangat sebelum tidur. Dan alhamdulillah ketika bangun sudah tidak sakit gigi lagi.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut

pict from: Google

Sakit gigi selalu tidak bisa lepas dari menjaga kesehatan gigi dan mulut. Usahakan menggosok gigi sehari 2x dengan pasta gigi yang sesuai dengan gigi anda. Terlalu sering menggosok gigi dengan pasta gigi juga tidak bagus untuk email gigi.

Sebelum tidur usahakan selalu menggosok gigi tetapi tanpa pasta gigi dengan catatan sebelumnya sudah 2x menggosok gigi dengan pasta gigi.

Minum obat analgesik

pict from: Kompas Lifestyle

Obat analgesik adalah obat penahan rasa sakit. Obat ini dapat dibeli secara bebas di apotik, seperti antalgin dan cataflam. Tetapi obat ini lebih bagus dengan resep dokter.

Menjaga kesehatan tubuh

pict from: Google

Sakit gigi sering kali muncul ketika tubuh merasakan kelelahan yang sangat. Oleh karena itu untuk menjaga sakit gigi tidak muncul lagi, usahakan tubuh kita tetap sehat dengan istirahat yang cukup.

Konsumsi buah-buahan

pict from: Freepic

Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut konsumsi buah juga bisa membantu. Buah yang baik untuk membantu kebersihan gigi adalah buah apel dan buah peer.

Nah, Basagiter demikianlah tips yang bisa membantu sakit gigi yang tak tertahankan. Tetapi perlu diingat, tips di atas belum tentu manjur bagi semua orang. Oleh sebab itu menjaga kebersihan gigi dan mulut sendiri lebih diutamakan. Jika gigi masih tetap terasa sakit segera pergi ke dokter gigi.

 

 

[Ditulis oleh Halimah Sadiyah]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *