Basagita Community — Basagiters! Tahukah kamu apa itu tanaman lobak putih? Pasti untuk sebagian orang sudah tahu dan biasa mengkonsumsi sayuran tersebut. Lobak putih biasanya dapat ditemukan dalam hidangan sop atau soto bandung. Ternyata  sayuran itu memiliki banyak kandungan gizi. Sehingga tak heran bila manfaat lobak putih sangat banyak, terutama untuk kesehatan. Berbagai nutrisi gizi yang terkandung di dalam lobak antara lain : vitamin A, B1, B2, C, E, minyak atsiri, potasium, beta carotene, niasin, mangan, kolin, asam folat, zat besi, kalsium, fosfor, asam oksalat, serat kasar, serta aneka kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat lobak putih untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui orang:

Menyembuhkan Batu Ginjal

Bila Basagiters memiliki penyakit batu ginjal, mengkonsumsi setengah gelas jus lobak putih segar setiap hari secara teratur dapat dijadikan pengobatan alternatif. Selain untuk menghilangkanbatu ginjal, jus lobak  juga dapat mencegahnya terbentuk kembali. Meminum jus lobak segar di pagi hari dilakukan sebelum sarapan akan membantu melarutkan batu yang terbentuk pada ginjal dan mendorongnya keluar lewat air seni.

 

Kandungan gizi yang baik untuk batu ginjal

Kandungan potasium berguna untuk mengurangi keluarnya kalsium di dalam urin yang dapat membentuk batu ginjal. Sehingga, mengkonsumsi makanan dengan kadar potasium tinggi –seperti lobak putih– dapat menurunkan risiko terkena penyakit ginjal. Zat yang bersifat diuretik akan membantu membersihkan bagian ginjal secara menyeluruh termasuk pada bagian kandung kemih.

 

Efektif Mengobati Jamur dan Eksim

Jamur yang menyerang kaki

Dalam lobak putih terdapat enzim-enzim yang bisa membunuh pertumbuhan jamur dalam tubuh yang tidak terkendali. Enzim seperti enzim diastase, amilase, mirosinase dan esterases ini yang berguna untuk membunuh pertumbuhan jamur yang berlebihan. Selain itu, juga berguna untuk menghilangkan zat berbahaya seperti parasit dan virus yang ada dalam tubuh secara efektif. Caranya, lobak putih dihaluskan lalu dicampur dengan sari jahe.

 

Menyembuhkan Liver

Manfaat lobak putih untuk membantu penyembuhan masalah kesehatan yang terjadi pada liver telah terbukti. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa lobak putih membantu menjaga kenormalan fungsi liver. Kandungan di dalam lobak bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin serta mendetoksifikasi liver. Lobak putih juga membantu pelepasan aneka enzim. Enzim ini yang akan mencegah serangan infeksi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak pada liver.

 

Menyembuhkan Penyakit Kuning

Sebagaimana disebutkan pada manfaat nomor tiga, kandungan dalam lobak dapat mengatur kadar bilirubin, sehingga melenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan, penyebab penyakit kuning. Kadar oksigen, terbawa zat-zat yang terdapat pada lobak, akan memperbaiki produksi sel darah merah yang diserang penyakit kuning.

 

Membantu memulihkan kesehatan sistem pernafasan

Lobak putih membantu menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada hidung, tenggorokan hingga paru-paru. Hal ini karena pada lobak putih terdapat banyak kandungan vitamin dan zat desinfektan. Kandungan ini akan melindungi sistem pernafasan dari infeksi yang mungkin menyerang.

Seperti untuk mengobati ginjal, meminum air perahan lobak yang sudah dikukur/diparut akan mengeluarkan lendir dan dahak yang menyumbat saluran pernapasan. Mengkonsumsi lobak dengan cara ini jauh lebih efektif daripada dengan cara lain.

 

Mengobati Ambeien

Kandungan pada lobak putih banyak yang bersifat tidak mudah dicerna. Akibatnya akan memfasilitasi sistem pencernaan, mengobati sembelit, dan menahan air. Sehingga lobak dapat dijadikan obat alami untuk ambeien. Faktor utama penyebab sakit ambeien adalah sembelit. Sehingga ketika sembelit teratasi maka ambeien pun akan mereda dan sembuh. Lobak putih juga mendetoksifikasi tubuh dengan baik. Sehingga berdampak besar kepada sistem pencernaan dan sekresi tubuh. Untuk mengobati ambeien, minumlah jus lobak putih dua kali sehari.

 

Penawar Racun

penawar racun pada tubuh

Lobak digunakan untuk menawar racun terutama bila terjadi overdosis obat-obatan. Efek yang timbul setelah meminum lobak adalah dengan memuntahkan obat yang masuk ke dalam tubuh, sehingga tidak menimbulkan dampak kronis.

 

Mengobati Demam

Lobak putih dapat menurunkan suhu tubuh, meredakan demam, sekaligus menyembuhkan peradangan yang menyebabkan demam. Cara memanfaatkan lobak putih untuk menurunkan demam adalah dengan meminum jus lobak yang dicampur garam secukupnya.

 

Membantu Pengobatan Kanker

Kandungan asam folat, vitamin c, dan anthocyanin dalam lobak membantu tubuh mendetoksifikasi aneka radikal bebas penyebab kanker. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan efektifitas aneka treatmen penyembuhan kanker.

Selain itu juga mengandung senyawa antioksidan isothiocyanate yang disebut sulforaphane. Studi menunjukkan bahwa antioksidan ini telah terbukti memiliki peran dalam melawan kanker prostat, payudara, kolon dan ovarium. Sulforaphane  akan menghambat pertumbuhan sel kanker. Aneka kanker di atas dapat diredakan dengan rutin mengkonsumsi jus lobak putih.

Manfaat lobak putih bagi kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk para Basagiters.

 

[Ditulis Oleh: Fiane N. Setiady]

#pict from Google


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

1 Komentar

Lila · 16/09/2018 pada 12:13 pm

Keren, Mbak Fiane. Infonya bermanfaat banget..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *