Basagita Community — Batuk bisa menyerang siapa saja dan tak memandang usia. Bisa karena makanan atau cuaca ekstrim. Batuk sangat mengganggu aktifitas kita, tidur tak nenyak, konsentrasi menurun, bahkan kita menjadi malas melakukan berbagai aktivitas harian. Biasanya kita langsung mengkonsumsi obat batuk, tetapi batuk kita tak kunjung sembuh.

Ketika anda batuk jangan langsung membeli obat, karena ada beberapa minuman tradisional yang bisa dijadikan obat mujarab untuk batuk Anda. Minuman trasional ini lebih aman dibanding obat kimia yang kita beli di apotek. Selain itu, kita bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Cobalah 5 minuman tradisional yang ampuh untuk mengobati batuk parah Anda:

Minuman Teh Pecut Kuda

 

Source by sc.afcd.gov.hk

Minuman tradisional dari tanaman ini terkenal ampuh meredakan batuk di beberapa keluarga Indonesia. Dan tak jarang pula banyak yang sengaja menanam tumbuhan ini sebagai antisipasi obat batuk. Banyak sudah yang mengkonsumsi daun ini, bahkan tak jarang ketika batuk melanda orang-orang akan langsung ingat tanaman ini apabila kobat dari dokter tidak kunjung membaik. Rasanya pun enak tidak jauh berbeda dengan teh pada umumnya.

Cara membuatnya cukup mudah ambil beberapa helai daun 5-9, kemudian rebus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Tuangkan dalam gelas dan bisa ditambahkan satu sendok madu atau gula batu. Minum secara rutin sehari 2x selama 2-3 hari dijamin batuk akan berangsur sembuh.

Jamu Kencur

Source by Sahabat Nestle

Minuman tradisional ini enak, ada sensasi pedas dari zat yang dikandung tanaman ini. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Ambil tiga ruas kencur, cuci bersih, kupas, geprek, kemudian rebus dengan dua gelas air hingga mendidih. Tuangkan dalam gelas, tambahkan madu atau gula batu. Minumlah selagi hangat 2x sehari selama 2-3 hari.

Jeruk Nipis dan Kecap

Source by klikdokter.com

Obat ini sudah terkenal sejak dulu, ketika batuk orang jaman dulu langsung membuatnya. Anda bisa mencobanya, rasanya enak seperti sirup.

Jeniper Hangat

Source by Wolipop – Detik.com

 

Jeniper adalah singkatan dari jeruk nipis hangat. Kalau yang ini lebih enak dan segar daripada jeruk nipis dan kecap. Jeruk nipis peras diseduh dengan air hangat lalu tambahkan satu sendok madu. Sensasi kesegarannya segera memberikan efek lega di tenggorokan dan meredakan batuk Anda. Minuman ini hanya untuk Anda yang tidak memiliki gangguan lambung saja ya!

Jahe Merah

Source by bahassusu.com

Jahe merah mengandung minyak atsiri lebih banyak dibandingkan dengan jahe biasa. Manfaatnya sangat banyak, selain mengurangi pembengkakan, jahe merah ini juga bermanfaat untuk kesehatan tenggorokan. Biasanya batuk makin menjadi-jadi pada malam hari sehingga mengganggu tidur anda. Minum jahe sebelumnya bisa membuat tidur anda nyenyak.

Jahe merah lebih terasa khasiatnya tanpa dikupas. Jadi setelah dicuci bersih, langsung digeprek dan direbus hingga mendidih.

 

Demikianlah Basagiters artikel tentang minuman tradisional dari beberapa pengalaman penulis selama 13 tahun. Namun, efeknya bisa berbeda pada tiap orang. Jika batuk tidak reda lebih dari satu minggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

 

[Ditulis oleh Halimah Sadiah]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

2 Komentar

Fifin DS · 15/10/2018 pada 12:41 pm

Artikel yg sangat membantu, semoga bermanfaat..

Syefrianidar · 23/10/2018 pada 5:11 pm

Nice info, bermanfaat sekali…šŸ˜

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *