Basagita Community — Hai, Basagiters! Apakah Anda pernah merasakan sensasi berenang di tempat yang alami? Jika belum, maka di Pemandian Banyu Biru Pasuruan tempatnya. Tempat ini bisa menjadi lokasi wisata alternatif di akhir pekan, Basagiters! Selain itu di wisata Alam Banyu Biru Anda juga bisa merasakan sensasi berenang di kolam alami bersama dengan ratusan ikan Sengkaring. Yang konon menurut warga sekitar ikan-ikan tersebut katanya ikan tersebut merupakan ikan keramat. Anda juga bisa menyaksikan bukti sejarah serpihan kejayaan Majapahit, yang berupa 11 patung ataupun prasasti yang ditulis dalam bahasa jawa kuno pada tahun 1847.

Di tempat ini Anda akan dibuat kagum dengan nuansa alami yang masih terjaga di pemandian ini. Di sekitar pemandian tumbuh Pohon-pohon besar yang berusia ratusan tahun. Airnya sangat jernih berasal dari air sumber yang melimpah. Kolam ini terhubung langsung dengan sungai dan hanya di batasi dengan pagar besi sederhana. Anehnya nih Basagiters,  ikan-ikan itu tak pernah berpindah mengikuti aliran sungai, loh! Inilah mengapa ikan sengkaring disebut ikan keramat. Di samping itu, konon katanya  jumlah ikan dalam kolam dari masa ke masa jumlahnya tak pernah berubah. Unik ya?

Anda Penasaran dengan Wisata Alam Banyu Biru ini? Intip info menarik berikut ini:

1. Lokasi Wisata

pict from Kompasiana.com

Wisata Pemandian Banyu Biru terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Pemandian ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00 WIB. Seperti tempat wisata pada umumnya, pemandian ini akan sangat ramai pada hari libur atau hari besar nasional.

2. Tiket

Tiket masuk ke pemandian banyu Biru  adalah sebesar Rp. 5.000. Sedangkan Tiket parkir Rp. 5.000/ mobil dan Rp. 2.000/ motor. Hanya dengan Rp. 5.000 Anda bisa menikmati pemandangan Alami di Pemandian Banyu Biru.

3. Transportasi

Untuk sampai di lokasi pemandian Anda bisa menggunakan berbagai macam transportasi karena jalannya lebar, sehingga bisa dilalui berbagai macam jenis kendaraan.

4. Jumlah Kolam

pict from Kompasiana.com

Di pemandian ini ada dua blok pemandian. Blok bawah atau blok timur adalah pemandian banyu biru yang alami dan blok atas yang berada di sebelah utara. Kolam renang ini seperti kolam renang pada umumnya ya, Basagiters.   Terlihat lebih bersih karena berdinding keramik. Jika Anda ingin merasakan sensasi berenang yang tak biasa maka Anda harus ke kolam blok bawah yang airnya mengalir, jernih dan terdapat ratusan ikan Sengkaring.

5. Serpihan Majapahit

Selain ikan keramat di pemandian banyu biru juga terdapat serpihan Majapahit yang bisa kita lihat hingga saat ini. Terdapat beberapa patung yang terkumpul di sudut pemandian. Beberapa patung itu antara lain:

  • 2 Volkaring dari Pemda Kabupaten Pasuruan dengan bahasa Belanda 1921
  • 1 Patung Batara Siwa
  • 1 Patung Ganesha
  • 1 Prasasti bahasa dengan huruf Jawa tahun 1847
  • 1 Patung dua ekor naga

6. Musholla

Di pemandian ini disediakan Musholla di depan sebelah kanan dari pintu masuk pemandian. Kamu bisa tenang berwudlu dengan air yang sangat segar nan melimpah.

7. Toilet

Untuk mencari toilet atau MCK di pemandian ini Anda tak perlu khawatir, karena ada banyak toilet di masing-masing blok pemandian.

8. Kantin

Di tempat ini Anda tak perlu khawatir kelaparan ya, Basagiters. Anda dapat menemukan kantin di sebelah timur kolam depan pintu masuk pemandian Banyu Biru. Anda juga bisa menemukan kantin di sebelah barat kolam blok atas.

Nah, Basagiters menarik bukan tempat wisata ini? Bila Anda ingin mengetahui beberapa serpihan Kejayaan Majapahit dan merasakan sensasi berenang dengan ikan-ikan besar di kolam yang Alami, mampirlah ke Pemandian Banyu Biru Pasuruan. Basagiters juga bisa berfoto selfie di tempat ini, karena banyak spot foto yang sangat bagus. Happy weekand!

 

[Ditulis oleh Halimah Sadiyah]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *