Basagita Community — Hallo sahabat Basagiters! Akhir – akhir ini cuaca terasa semakin panas dan keringat jadi mudah keluar. Kalau sudah berkeringat, rasanya badan jadi lengket bahkan berbau. Memiliki bau badan yang kurang sedap selain menghilangkan kepercayaan diri di tengah orang banyak, juga mengganggu hak orang lain untuk bernapas dengan leluasa. Alih – alih mau punya banyak teman, yang ada Anda hanya akan semakin dijauhi, dikucilkan bahkan mendapat hinaan. Kehilangan orang – orang terdekat bukan salah mereka lho! Kembali berbenah diri adalah cara terbaik untuk mendapatkan kedekatan kembali dari orang sekitar. Bahkan untuk hilangkan bau badan sudah melakukan berbagai cara.

pict from Tribunnews.com

Bau badan sebenarnya bukan disebabkan oleh kehadiran keringat yang berlebih, karena faktanya ada orang yang mudah berkeringat tetapi tidak menimbulkan bau. Kelenjar keringat diproduksi oleh kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin merupakan kelenjar yang berada di sebagian besar tubuh, terutama bagian tubuh yang ditumbuhi oleh rambut seperti ketiak, organ intim dan hidung. Pada hakikatnya keringat tidak memiliki bau, akan tetapi keringat yang menempel pada kulit dalam waktu tertentu dapat menjadi lingkungan yang nyaman bagi bakteri untuk hidup dan berkembang biak. Kelenjar apokrin akan bereaksi dengan bakteri penyebab bau badan yang berperan dalam proses pembusukan. Hal inilah yang memicu munculnya bau badan tidak sedap tersebut.

Menghilangkan bau badan yang mengganggu dapat dilakukan dengan berbagai cara, tapi sebelum mengatasinya, Anda tentu harus menganalisa terlebih dahulu kemungkinan penyebab terjadinya masalah tersebut. Mengetahui berbagai penyebab bau badan merupakan hal yang paling utama untuk menghilangkannya. Jangan sampai mempraktekkan solusi dari yang bukan masalahnya. Ada beberapa penyebab munculnya bau badan yang tidak sedap diantaranya kegemukan, gangguan genetika (Trimethylaminuria), peningkatan hormon tertentu (androgen dan estrogen), mengonsumsi berlebihan makanan pemicu bau badan (seperti : bawang, daging, dll), dan penyakit diabetes.

Jika Anda sudah mengetahui penyebab bau badan seperti di atas, maka tips selanjutnya dapat dijalankan sesuai penyebab munculnya bau badan tersebut. Berikut 5 cara menepis bau badan selama beraktifitas seharian berdasarkan penyebabnya. Yuk Simak!

1. Jika Bau Badan Disebabkan Oleh Kegemukan

pict from detikHealth

Orang yang memiliki berat badan berlebih biasanya tubuh akan mudah untuk memproduksi keringat lebih banyak. Hal ini disebabkan karena adanya permukaan kulit yang lebih luas sehingga juga pasti akan memiliki kelenjar apokrin dan akrin (kelenjar keringat) yang lebih banyak.

Cara mengurangi bau badan pada kasus ini yaitu dengan cara mandi yang bersih dengan memperhatikan setiap lipatan tubuh, menggunakan parfum dan deodoran setelah selesai mandi serta menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Pemakaian parfum saat tubuh sudah mengeluarkan aroma tidak sedap justru dapat memperparah aroma yang dihasilkan.

2. Jika Bau Badan Disebabkan Oleh Gangguan Genetika (Trimethylaminuria)

pict from KlikDokter

Gangguan Genetika trimethylaminuria sangat jarang terjadi. Penderita biasanya memiliki bau badan yang menyengat dan juga amis. Bau yang tidak sedap tidak hanya muncul dari kelenjar keringat, tetapi juga muncul dari pernapasan dan urin. Meskipun mengeluarkan aroma yang tidak sedap, penderita justru tidak menyadari akan aroma yang dikeluarkannya.

Pada kasus seperti ini, belum ada pengobatannya, karena sebenarnya trimethylamin terdapat pada sumber pangan seperti telur dan daging,, namun dalam proses metabolisme orang yang dengan gangguan genetika ini tubuhnya akan memproduksi senyawa trimethylamin yang meimbulkan bau tak sedap. Meskipun belum ditemukan cara menanganinya, masaih ada cara perawatan untuk mengontrol kadarnya dalam tubuh, yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan trimethylamine, sulfur, nitrogen, dan asam amino choline yang terdapat pada daging, telur, ikan dan kacang – kacangan. Selain itu konsumsilah antibiotik pencernaan sesuai dengan resep dokter. Cara lainnnya yaitu dengan menggunakan pembersih badan yang lebih asam pH 5,5  – 6,5.

3. Jika Bau Badan Disebabkan Oleh Peningkatan Hormon Tertentu

pict from Grid.ID

Peningkatan hormon tertentu dapat terjadi pada saat menstruasi, menopause, kelelahan fisik bahkan stress. Selain itu juga dapat terjadi pada masa – masa pubertas atau memasuki usia remaja. Pada kondisi tersebut biasanya hormon estrogen yang berfungsi sebagai pembantu hipotalamus mengatur suhu tubuh sedang naik. Hal ini akan memicu produksi kelenjar keringat juga meningkat. Saat terjadi interaksi antara bakteri dan keringat, maka saat itulah aroma tidak sedap akan keluar. Untuk mensiasati terjadinya bau keringat ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan seperti : mandi bersih menggunakan sabun yang menghasilkan aroma segar, mengganti pakaian sesering mungkin, menjaga kebersihan area sumber bau, menggunakan parfum sehabis mandi dan mengonsumsi racikan jamu seperti sirih. Selain itu konsumsi sayur dengan aroma yang harum juga dapat mengurangi bau badan, contohnya daun kemangi.

4. Jika Bau Badan Disebabkan Oleh Konsumsi Berlebih Makanan Pemicu Bau Badan

pict from Dokter Sehat

Sudahkah Anda membuat daftar makanan apa saja yang hari ini dimakan? Ternyata bau badan bisa berhubungan dengan jenis dan jumlah makanan yang dimakan sehari – hari. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memunculkan bau badan tidak sedap yaitu daging merah, bawang merah, bawang putih, produk junk food, telur, hati, ikan dan gorengan. Makanan tersebut akan berfungsi baik jika dikonsumsi secara normal, tapi berdampak negatif terhadap tubuh apabila tubuh kelelahan bekerja untuk memetabolisme produk tersebut. Jadi jika ternyata penyebab bau badan Anda adalah karena makanan maka mulai sekarang kurangi dan semaksimal mungkin hindari. Mengonsumsi makanan secara sehat tentu jauh lebih baik.

5. Bau Badan Muncul Akibat Diabetes

pict from boombastis.com

Diabetes merupakan penyakit degeneratif berupa gangguan metabolisme akibat tingginya kadar gula dalam darah, sehingga insulin tidak dapat bekerja dengan maksimal. Orang dengan diabetes pada awalnya tubuh akan mengeluarkan sedikit aroma seperti gula, akan tetapi pada tahap yang lebih parah, berubah menjadi aseton atau bau busuk. Bau ini berasal dari asam keton atau aseton yang diproduki oleh hati untuk menghasilkan energi. Glukosa dalam darah yang tidak bekerja dan tertimbun dalam darah akan dikeluarkan melalui urin dan keringat dalam bentuk yang berbau. Bau ini tidak hanya dikeluarkan melalui keringat tetapi juga pada mulut. Maka untuk mengatasi permasalahan ini satu – satunya cara adalah dengan mengobati penyakit dan sumber masalahnya terlebih dahulu. Melakukan pola hidup sehat sangat diwajibkan bagi penderita diabetes. Untuk mengurangi masalah bau badan dapat dilakukan dengan cara mandi minimal 2 kali sehari menggunakan sabun antiseptik, terapi relaksasi untuk mengurangi stress dan menjaga daerah kaki agar tidak lembab dan berbau dengan membebaskannya tanpa menggunakan kaos kaki ataupun sepatu dalam ruangan.

Itulah 5 tips mengatasi bau badan dalam tubuh berdasarkan berbagai penyebabnya. Banyak cara untuk mengatasi berbagai bau badan tapi menjadi percuma karena tidak tepat sasaran. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

 

[Ditulis Oleh : N.K Afdhaliya]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *