Basagita Community — Selamat pagi basagiters! Kulit wajah yang setiap hari terpapar sinar matahari, menggunakan make up sepanjang waktu dan berdiam diri di ruangan ber AC tentu membuatnya memiliki seribu masalah yang serba complicated. Mulai dari kulit kering, minyak berlebih, komedo, pori – pori besar, beruntusan, jerawat hingga flek hitam yang membuat wajah tampak kusam. Melihat kondisi wajah yang penuh masalah tentu rasanya ingin melakukan perawatan, sayangnya perawatan kulit wajah biasanya membutuhkan budget yang cukup menguras kantong dan yang paling penting adalah masalah waktu.

Seharian beraktivitas rasanya sudah cukup membuat lelah dan ingin langsung beristirahat. Mulai sekarang cukup beri waktu 5 menit sepulang kerja untuk melakukan perawatan kulit wajah Anda dengan tips sederhana berikut :

1. Hapus make up dengan Baby Oil

pict from Kompasiana.com

Baby oil sudah sejak lama dikenal dapat memberikan manfaat yang luar biasa terutama bagi bayi yang masih memiliki kulit super sensitif. Nah ternyata manfaat itu juga berlaku bagi para wanita yang ingin punya kulit kenyal, lembab dan glowing. Penggunaan baby oil untuk wajah lebih diperuntukkan untuk membersihkan make up bagian mata dan bibir, tapi untuk seluruh wajah pun aman, karena di dalamnya memang bebas alkohol dan terbuat dari bahan – bahan alami.

Baby oil sangat ampuh untuk menghapus make up yang bersifat tahan air (re: waterproof), karena kandungan minyaknya yang sekaligus dapat melembabkan kulit wajah. Untuk kulit bayi yang super tipis dan sensitif saja sudah terbukti aman, apalagi untuk wajah kita – kita yang sudah terlatih melawan berbagai tantangan polusi di lingkungan super keras ini bukan? Tidak Percaya? Silakan dicoba dan lihat keajaiban.

Cara menggunakannya cukup sederhana, yaitu tuangkan baby oil 3-4 tetes ke kapas wajah, kemudian langsung usahkan ke bagian wajah yang bermake up. Terutama bagian yang menggunakan make up waterproof. Usapkan pula pada bibir untuk membersihkan lipstick.

 

2. Angkat sisa make up dengan Micelar Water

pict from komunitas.bukalapak.com

Wajah yang sudah diberi baby oil akan terasa sangat lengket dan berminyak. Sisa make up juga akan terasa semakin kental di wajah dan tidak bersih. Langkah berikutnya mengangkat sisa make up tersebut dengan micelar water. Micelar water merupakan pembersih wajah dalam kemasan yang berbahan dasar air non alkohol, jadi tentunya sangat aman bagi kulit. Dalam produk micelar water ini banyak terkandung micelles, yaitu molekul – molekul minyak yang berukuran sangat kecil dan terkandung dalam air yang lembut.

Molekul inilah yang sebenarnya bertugas untuk mengangkat kotoran di wajah. Saat ini ada banyak produk kecantikan yang menyediakannya. Tinggal pilih sesuai dengan keyakinan anda. Penggunaan micelar water juga sangat praktis dan tidak perlu proses pembilasan menggunakan air lagi. Sangat simple bukan? Rasakan sensasinya ketika anda menggunakan pertama kali, wajah kenyal dan bersih.

 

3. Cuci bersih dengan sabun wajah sesuai versi masing – masing

pict from Google

Ibarat kebiasaan makan orang Indonesia yang mendefinisikan kalau makan itu harus pakai nasi, kalau tidak ya berarti belum makan. Begitupun dengan masalah membersihkan wajah. Tidak enak rasanya kalau tidak cuci muka. Nah setelah dua langkah diatas telah diselesaikan dengan waktu 2 menit, menit ketiga dapat anda lakukan dengan cuci muka. Langkah ini sebenarnya bisa dilewatkan atau diabaikan saja, jika anda merasa sudah cukup bersih dengan dua langkah sebelumnya. Tapi untuk menyempurnakan, alangkah baiknya jika menyegarkan dan membebaskan wajah anda dengan menggunakan air bersih dan sabun cuci muka. Sabun yang digunakan disesuaikan dengan kondisi wajah anda masing – masing ya Basagiters !

 

4. Gunakan Toner Cuka Apel

pict from Google

Inilah menit ke empat yang berharga, penggunaan cuka apel. Cuka apel sudah sejak dulu kala terkenal ampuh untuk mengobati berbagai masalah kesehatan tubuh, termasuk wajah. Cuka apel termasuk ke dalam jenis cuka yang memiliki kadar asam cukup tinggi sehingga dalam penggunaannya ke wajah harus dicampur terlebih dahulu dengan air dan menggunakan proporsi yang tepat, tapi daripada repot – repot mencampur dan menakar, lebih baik beli saja cuka apel yang sudah dijadikan toner. Banyak penjual kosmetik yang menyediakannya.

Pilih toko kosmetik yang benar – benar anda percaya. Cuka apel mengandung asam hidroksi yang dapat memberikan manfaat ajaib bagi kulit wajah anda. Cuka apel dapat bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam, jerawat batu yang bandel hingga pori – pori besar yang sering membuat wajah terlihat kasar. Bagi pemula yang pertama kali menggunakannya jangan terkejut dengan aroma khas yang dikeluarkannya, tahan saja sebentar, aroma tidak enaknya akan berangsur – angsur hilang sejalan dengan mengeringnya toner di wajah.

 

5. Aplikasikan krim malam sesuai versi masing – masing

pict from Alodokter

Terakhir, penggunaan krim malam untuk mempercepat regenerasi sel kulit mati dan pemeberian nutrisi saat kulit sudah sangat lelah menghadapi berbagai masalah di luar sana. Ini akan menjadi momen yang paling membuat wajah anda relaks. Langkah terakhir ini akan menunjang perawatan wajah anda agar menjadi lebih memuaskan. Persiapkan diri anda untuk bangun pagi dengan wajah yang bersih dan sehat.

 

Nah selamat mencoba 5 langkah perawatan kulit wajah sederhana yang dapat Anda aplikasikan dalam waktu 5 menit untuk wajah yang sehat sepanjang hari. Semoga bermanfaat.

 

[Ditulis Oleh : N.K.Afdhaliya]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *