Basagita Community — Basagiters, pernahkah kalian mendengar istilah Exfoliating? Atau sebaliknya, belum tahu apa itu exfoliating? Ada begitu banyak jenis perawatan wajah, dan Exfoliating ini adalah salah satu perawatan kulit dengan cara mengangkat atau mengelupas sel-sel kulit mati.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan asupan nutrisi pada kulit. Dan proses perawatan kulit ini juga berfungsi untuk memberi tempat pada sel-sel kulit baru agar muncul ke permukaan.

pict from Daily Vanity

Seberapa Penting Exfoliating?

Exfoliating sangat penting dilakukan karena penumpukan sel kulit mati akan membuat wajah bermasalah. Wajah akan terlihat kusam, muncul banyak komedo blackhead maupun whitehead, warna kulit tidak rata, dan bersisik.

pict from desertcart.ae

Sering kali, penumpukan sel kulit mati ini menghambat kerja kosmetik atau krim perawatan lainnya. Sayangkan, bila sudah mengeluarkan budget perawatan kulit, namun tidak berfungsi maksimal hanya karena terhambat sel kulit mati?

Manfaat Exfoliating

Ternyata langkah sederhana exfoliating akan memberi manfaat besar bagi kulit kita, loh, Basagiters. Exfoliating yang dilakukan secara berkala mampu membuat wajah lebih cerah, terlihat kencang, segar, dan sehat.

Saat tumpukan sel kulit mati terangkat, sel kulit baru bisa muncul. Seperti kita tahu, kulit melakukan regenerasi sel setiap dua minggu hingga dua puluh delapan hari sekali. Saat sel kulit mati terkelupas, maka sel kulit baru akan menggantikannya. Dan pasti membuat wajah lebih segar.

 

Dua Macam Exfoliating

Ada dua macam exfoliating. Exfoliating secara fisik dan secara kimia.

Exfoliating secara fisik biasanya menggunakan alat bantu. Bisa berupa alat pembersih wajah atau scrubb. Sudah banyak beredar di pasaran sabun wajah yang dilengkapi dengan butiran-butiran halus atau beads. Hanya saja, tidak disarankan digunakan setiap hari.

Salah satu bahan Exfoliating Alami yakni Gula dan Madu

Hal ini bisa menyebabkan iritasi, apalagi bila jenis kulit Basagiters cenderung sensitif dan kering. Gunakan scrubb alami dari campuran gula pasir plus madu atau oatmeal plus madu. Selain aman juga murah.

Salah satu contoh Chemical Exfoliating

Exfoliating secara kimia atau chemical exfoliating menggunakan bahan kimia yang dikenal dengan AHA dan BHA. Kedua bahan ini sangat ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Bagi kulit kering dan normal dianjurkan menggunakan zat AHA, sedangkan BHA sebaiknya diaplikasikan pada kulit berminyak.

 

Frekuensi Exfoliating

Untuk usia diatas 30 tahun, exfoliating sangat dianjurkan rutin dilakukan. Namun, perhatikan frekuensinya. Untuk kulit kering cukup lakukan seminggu sekali, pada kulit normal bisa 1-2 kali dalam seminggu. Nah, bagi kulit berminyak lakukan exfoliating 3-4 kali seminggu.

Jangan terlalu sering melakukan exfoliating. Pengangkatan dan pengelupasan kulit yang terlalu sering atau over exfoliating, malah akan membuat kulit wajah iritasi, memerah, dan luka. Nah, setelah tahu manfaat dan caranya, tak ada salahnya menerapkannya pada wajah kita ya, Basagiters!

 

[Ditulis oleh NCSuryani]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *