Basagita Community – Serangkaian acara saat pembukaan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno penonton dibuatnya melongo dengan hadrinya ribuan pengisi acara dan musisi. Pembukaan ini juga menampilkan banyak budaya Indonesia salah satunya Tari Ratoh Jaroe asal Aceh. Tarian ini begitu luar biasa, dibawakan dengan sangat indah dan kompak dan menjadi cermin kekayaan budaya Indonesia yang terlihat begitu beragam serta unik

ratuh jaroe [jakartapost]

ratoh jaroe [jakartapost]

Berbagai gerakan dan tarian yang disajikan mampu membentuk koreografi yang begitu indah serta kekompakan para penarinya yang menawan. Penampilan sebanyak 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI yang memakai kostum warna keabuan dengan topi warna emas diiringi nyanyian Tari Ratoh Jaroe “Assalamu’alaikum” seolah menyambut seluruh peserta Asian Games. Saat sedang berlangung tarian tersebut, tiba-tiba beberapa penari sudah berganti baju menjadi baju berwarna orange. Koreografi dibalik kemegahan tarian ini tidak lain adalah Denny Malik. Tarian ini kerap menjadi tarian sambutan saat perhelatan penting.

Tarian Ratoh Jaroe sangat mirip dengan Tari Saman yang lebih dikenal luas. Gerakannya serupa, sama-sama berasal dari Aceh, namun ada perbedaan yang mendasar dari keduanya. Lantas apa fakta unik yang ada pada Tari Ratoh Jaroe ini? Mari kita simak.

saman dance [unesco]

saman dance [unesco]

  1. Jika Tarian Ratoh menggunakan pakaian polos berpadu dengan songket Aceh, sedangkan Saman berkostum pakaian adat Gayo.
  2. Tari Ratoh dilakukan oleh penari perempuan dengan jumlah genap, sedangkan Saman dilakukan oleh penari pria dengan jumlah ganjil.
  3. Tari Ratoh dikendalikan oleh dua orang di luar formasi penari yang disebut syekh sebagai tanda perubahahan gerakan, syekh akan bersuara tinggi, melengking, dan panjang, Tari Saman dipimpin oleh beberapa penari yang berada di tengah.
  4. Tari Ratoh diiringi musik eksternal atau di luar penari, sedangkan Tari Saman murni diiringi syair yang dilantunkan oleh para penari itu sendiri.
  5. Gerakan Tari Ratoh tidak banyak melibatkan tepukan dada, sedangkan Tari Saman murni mengkombinasikan tepukan tangan dan dada.

Demikian penjelasan singkat mengenai Tari Ratoh Jaroh yang berasal dari serambi Mekah. Mari lestarikan budaya Indonesia yang sangat beragam dan mempunyai keunikan serta khas, agar semakin terkenal di seluruh dunia.


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *