Basagita Community — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB kembali membuka rekrutmen CPNS pada hari Rabu tepat di tanggal 19 September 2018. Selalu menjadi satu hal yang menarik saat rekrutmen pegawai negeri diadakan oleh pemerintah. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, rekrutmen CPNS 2018 juga berhasil menarik perhatian masyarakat dari seluruh kalangan.

pict from. CPNS 2018

Pada tahun 2018 ini, semua proses rekrutmen tercatat di situs resmi BKN (Badan Kepegawaian Negara) melalui sscn.bkn.go.id. Untuk mendapatkan data pelamar CPNS, mereka wajib mengisi dan membuat akun SSCN serta mengikuti seluruh proses yang harus dilalui untuk mendapatkan kesempatan menjadi PNS.

Ada beberapa fitur penting yang ada pada situs SSCN yang wajib Basagiters ketahui sebelum ikut serta mendaftarkan diri menjadi CPNS. Berikut lima fitur penting pada situs sscn.bkn.go.id

1. Halaman depan

Fitur penting pertama pada situs SSCN adalah halaman utama. Dimana pada halaman ini terdapat tiga informasi penting terkait CPNS. Informasi tersebut antara lain panduan tentang bagaimana cara registrasi, lalu registrasi, dan daftar persyaratan yang wajib dipenuhi. Untuk fitur tata cara registrasi iniĀ  sangat berguna agar memahami dengan benar cara registrasi SSCN 2018. Setelah memahami tata caranya, akan ada tautan untuk melakukan registrasi. Dalam fitur registrasi, Anda kan diingatkan untuk memastikan BIK dan KK sesuai dengan data terkini dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Bukan hanya itu, pada halaman utama juga terdapat informasi akan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para perserta CPNS.

2. Pencari lowongan pekerjaan

Fitur penting selanjutnya adalah pencari lowongan pekerjaan. Pada fitur ini sangat berguna bagi para pelamar untuk mencari pekerjaan sesuai dengan jenjang pendidikan yang dimiliki. Pencarian pekerjaan diseleksi dengan berdasarkan oleh jabatan, lokasi formasi, instansi, dan jenjang pendidikan. Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai pastikan jika Anda menuliskan jenjang pendidikan sesuai dengan aturan dan format yang telah dicontohkan dalam situs SSCN ini. karena jika tidak sesuai maka Anda tidak akan menemukan hasil pencarian pekerjaan.

3. Pendaftaran

Pada menu selanjutnya adalah menu registrasi atau pendaftaran. Namun sayangnya, menu ini belum bisa diakses. Pada akun SSCN hanya memberikan informasi Opening Soon, karena memang pendaftaran CPNS 2018 belum dibuka.

4. Frequently Asked Questions atau FAQ

Fitur penting selanjutnya adalah menu pertanyaan jika Anda mengalami kesulitan saat menggunakan situs SSCN ini. Pada fitur ini terdapat beberapa sub menu seperti pendaftaran, persyaratan, dokumen, perbaikan data, koneksi, lupa kata sandi, aduan, dan pencetakan kartu. Serta beberapa pertanyaan umum yang sering menjad pertanyaan oleh banyak orang. Anda hanya perlu klik pada pertanyaan dan jawaban akan muncul untuk menjawab rasa penasaran.

5. Call center

Fitur penting pada situs SSCN yang terakhir adalah layanan Call Center. Layanan ini berisikan nomor telepon, informasi tautan media sosial, dan emailĀ  dari masing-masing lembaga / daerah yang membuka lowongan CPNS 2018.

 

Bagi Basagiters yang memiliki impian untuk menjadi seorang PNS, jangan sampai melewatkan kesempatan yang akan dibuka oleh pemerintah di tahun ini. pahami dengan benar setiap fitur yang ada pada situs resmi SSCN untuk mempermudah Anda dalam menggunakan layanan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia.

 

[Ditulis oleh Elly Almayra]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *