Basagita Community – Siapa yang tak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Aplikasi yang menyediakan tempat untuk melakukan Chatting, Video Call dan juga panggilan suara yang mengandalkan internet sebagai sambungan utamanya, WhatsApp. Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dengan sanak saudara dan juga kolega dalam pekerjaan. Bukan hanya fungsi dan manfaat WhatsApp yang bisa memudahkan penggunanya dalam menjalin komunikasi, WhatsApp juga melengkapi aplikasi dengan beberapa fitur yang mendukung privasi setiap penggunanya. Salah satu fitur terbaru WhatsApp yakni adanya pembaharuan pada sistem percakapan grup.

 

WA by mirrorUK

Ada enam fitur terbaru WhatsApp yang diperkenalkan pada sistem chatting grup yang akan dirilis WhatsApp. Mengingat grup merupakan bagian yang penting dari pengalaman WhatsApp karena dengan adanya grup WhatsApp bisa menjadi sarana dalam merekatkan kembali keluarga atau berkomunikasi dengan teman saat masa kanak-kanak. Mungkin Basagiters juga mengalami jika tergabung dalam grup yang beragam, entah itu grup jualan, grup teman SD, Grup teman SMP dan grup-grup lainnya. Namun terkadang, karena suatu hal Basagiters memutuskan untuk keluar grup. Dan suatu waktu meminta kembali pada admin untuk bisa masuk ke dalam grup, mungkin hal ini tidak akan bisa dengan mudah dilakukan saat WhatsApp merilis fitur terbarunya.

Adapun enam fitur terbaru WhatsApp yang bisa Basagita bagikan adalah sebagai berikut :

1. Deskripsi Grup

fitur terbaru WA-grup description (pict by mobigyan)

fitur terbaru WA-grup description
(pict by mobigyan)

Fitur terbaru pertama pada sistem chatting grup adalah adanya deskripsi grup. Dimana deskripsi grup bisa ditemui di kolom info grup. Pada kolom ini, memiliki fungsi untuk menuliskan panduan, tujuan dan topik apapun yang berhubungan langsung dengan grup.

 

2. Kolom pencarian anggota grup

fitur terbaru WA-mencari nama member (ppict by mobigyaan)

fitur terbaru WA-mencari nama member
(ppict by mobigyaan)

Fitur selanjutnya adalah adanya kolom kecil di halaman informasi grup, untuk mencari ada atau tidaknya orang yang Basagiters cari. Caranya cukup mudah, cukup mengetikkan nama kontak teman yang ingin dicari. Fitur ini sangat bermanfaat jika anggota grup terlampau banyak.

3. Tag atau jalan pintas

fitur terbaru WA-tag (pict by mobigyaan)

fitur terbaru WA-tag
(pict by mobigyaan)

Fitur tag sebenarnya sudah lama rilis namun hanya pada program beta. Saat ini, fitur tag sudah bisa dinikmati dengan menggunakan ‘@’, Basagiters bisa melihat pesan yang ditujukan secara langsung kepada anggota dalam grup.

 

4. Admin mencabut kuasa admin lain

fitur terbaru WA-Admin mencabut kuasa admin lain (pict by mobigyaan)

fitur terbaru WA-Admin mencabut kuasa admin lain
(pict by mobigyaan)

Fitur keempat, admin bisa mengambil atau mencabut kuasa admin lain. Sehingga posisi kreator semakin kuat karena tidak bisa dikeluarkan dari grup yang mereka buat.

 

5. Kendali admin

fitur terbaru WA- Kendali Admin
(pict by mobigyaan)

Sekarang ini, WhatsApp menyediakan kendali pada admin yang membuat admin bisa membatasi siapa saja yang bisa mengubah ikon, subjek ataupun deskripsi grup.

 

6. Perlindungan pengguna masuk grup

fitur terbaru WA- Left Grup (pict by Quora)

fitur terbaru WA- Left Grup
(pict by Quora)

Fitur terbaru dari aplikasi WhatsApp yang terakhir adalah fitur yang mempersulit anggota grup keluar masuk. Karena dengan adanya fitur ini, pengguna tidak bisa seenaknya keluar dan masuk kmbali di grup yang sudah mereka tinggalkan.

 

Melalui blog resmi milik WhatsApp mengatakan jika fitur terbaru WhatsApp sudah bisa dinikmati dengan menginstall aplikasi terbaru, baik melalui Google play ataupun Apple Store. Nah basagiters, dengan adanya fitur terbaru ini, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu dan pertimbangkan apakah basagiters sudah benar-benar untuk meninggalkan grup yang akan ditinggalkan.

[Ditulis Oleh Elly Almayra]

 


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *