Basagita Community — Hai Basagiters! Kehamilan merupakan masa yang paling berkesan dalam kehidupan perempuan. Perubahan fisik dan mental tentu akan dirasakan sebagai dampak dari setiap kehamilan. Agar proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar, maka faktor usia harus menjadi poin penting pada saat memutuskan untuk hamil. Walau usia produktif perempuan dapat dilihat dari siklus haid, tetapi hamil di usia yang bersiko tentu harus menjadi bahan perimbangan. Lalu, bahayakah hamil di usia 40 tahun?

Usia 40 tahun bukan menjadi penghalang jika kita ingin hamil kembali. Tetapi, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu. Mulai dari masa persiapan, saat hamil, melahirkan dan juga proses pengasuhan. Kekuatan tubuh akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Namun hal ini dapat kita optimalkan dengan cara mengubah pola hidup dan lakukan persiapan sedini mungkin.

Berikut ada beberapa tips yang dapat Basagiters lakukan bila memang ingin program kehamilan di usia 40 tahun:

Konsultasi ke Dokter

pict from Dunia Tempo

Seiring bertambahnya usia, produktifitas rahim dalam memproduksi sel telur akan menurun. Ini menjadi penyebab perempuan berusia 40 tahun atau lebih sulit untuk dapat hamil kembali. Resiko yang akan dialami oleh perempuan hamil di usia ini akan cukup tinggi, karena kekuatan fisik akan semakin berkurang. Oleh karena itu, berkonsultasi intensif dengan dokter dapat mengurangi resiko yang terjadi selama kehamilan. Berdiskusi dengan dokter pun dapat dilakukan sejak awal untuk mengetahui hal yang harus diperhatikan sebelum melanjutkan program kehamilan.

Menjaga Pola Makan

pict from Google

Asupan gizi yang tepat akan menjadi nutrisi baik untuk kesehatan ibu dan janin. Mengkonsumsi sayur, buah, ikan, daging dan susu serta makanan sehat lainnya dapat menjaga stamina tubuh semakin baik. Minum suplemen sesuai rekomendasi dokter juga dapat dilakukan dengan teratur.

Menjaga Berat Badan

pict from Google

Berat badan yang terlalu gemuk atau kurus akan berpengaruh pada tingkat kesuburan seorang perempuan. Oleh karena itu menjaga pola makan akan membantu berat badan tetap stabil. Berat badan akan berpengaruh pada siklus hormon reproduksi. Menjaga berat badan ideal akan memberi peluang besar untuk hamil di usia 40 tahun atau lebih.

Mengatur Waktu Istirahat

tips menghilangkan lelah, Tidur Lebih Awal

pict from Google

Aktivitas yang tinggi akan menyebabkan kondisi tubuh cepat lelah. Maka waktu istirahat harus diatur kembali jika kita ingin hamil. Jika kita telah mengandung pun, tubuh yang terlalu lelah akan mengganggu proses perkembangan janin. Banyak yang alami keguguran ketika ibu hamil lakukan kegiatan berlebih yang menguras tenaga. Tetapi jika terlalu banyak diam pun, hal ini tidak baik untuk kondisi rahim. Menyusun jadwal aktivitas akan membantu perempuan hamil untuk mengatur waktu beristirahatnya.

Olahraga

pict from Google

Olahraga teratur dapat menjaga siklus hormon dan berujung pada tingkat kesuburan perempuan. Jika ingin hamil di usia 40 tahun atau lebih, dapat lakukan olahraga dengan teratur. Selain itu, untuk menjaga kehamilan pun dapat lakukan gerakan sederhana yang tidak terlalu menguras tenaga. Olahraga yang dilakukan dengan rutin akan dapat berpengaruh pada pola makan, istirahat dan menjaga berat badan. Maka, masukanlah kegitan olahraga ini dalam aktivitas selama kehamilan.

Hubungan Intim

pict from Tribunnews

Hal yang sangat penting agar terjadi pembuahan di usia ini adalah melakukan hubungan intim yang cukup intens. Setelah persiapan fisik dan mental, maka mengatur waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim harus diperhatikan. Karena ketika memasuki masa subur, diharapkan pembuahan akan dapat terjadi.

Berpikir Positif

pict from Google

Memutuskan untuk hamil di usaia yang tak lagi muda tentu akan memerlukan pemikiran yang tepat. Sebaiknya berita negatif yang diterima, tidak terlalu dirisaukan. Selama semua tahapan di atas sudah dilakukan, maka tetaplah berpikiran positif dan optimis, bahwa proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar hingga melahirkan nanti.

Nah Basagiters, demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin hamil di usia yang sudah tak muda lagi. Langkah di atas dapat menjadi jalan untuk membantah sebuah pertanyaan, “Bahayakah hamil di usia 40 tahun?”

 

[Ditulis oleh Nonz Ati]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *