Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Bukan hanya karena keganasannya, tapi pengobatan kanker masih belum bisa membuat penderita sembuh secara total. Untuk itu, mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati bukan? Seperti kampanye yang dilakukan oleh komunitas-komunitas peduli kanker pada saat memperingati hari kanker nasional. Mereka banyak membahas segala hal tentang kanker serta kiat-kiat untuk mencegah datangnya penyakit yang mematikan ini. Salah satu diantaranya adalah dengan menjaga pola hidup sehat.

Pemicu timbulnya penyakit kanker sebagian besar dipengaruhi oleh gaya hidup dan sisanya karena faktor genetik. Sebagai wujud rasa kepedulian untuk memperingati hari kanker nasional, dalam artikel ini Basagita akan mengulas tentang gaya hidup sehat. Lalu, gaya hidup sehat seperti apa yang bisa kamu jalankan?

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menjaga pola hidup sehat yang bisa kamu terapkan dalam keseharian:

Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Seperti kita ketahui bersama, sayuran serta buah-buahan kaya akan vitamin, mineral serta anti oksidan. Zat anti oksidan berfungsi untuk menangkal radiasi bebas yang datang menyerang tubuh kita. Selain itu, hindari makanan yang memicu kanker (zat karsinogenik), seperti daging sosis atau daging merah yang tidak dimasak sempurna atau terlalu matang.

Jaga Berat Badan

Dengan membatasi konsumsi gula dan lemak, kamu bisa terhindar dari kegemukan atau berat badan berlebih. Kegemukan juga bisa menjadi salah satu pemicu adanya kanker, apalagi jika sudah terjangkit diabetes. Hal ini berhubungan langsung dengan tingginya kadar Insulin pada orang yang kegemukan. Insulin berlebih bisa merangsang pertumbuhan sel kanker. Untuk itu, kamu wajib menjaga berat badan kamu agar tidak terlalu berlebihan.

Hindari Asap Rokok

Rokok merupakan benda yang membawa racun pada tubuh manusia, baik yang merokok langsung atau yang terpapar asapnya secara tidak langsung. Kandungan tar dalam rokok bersifat karsinogenik yang membahayakan tubuh dan memicu tumbuhnya sel kanker.

Hindari makanan berpengawet

Pola hidup sehat bisa kita mulai dari rumah, dengan menghindari makanan yang berpengawet atau makanan yang memiliki kandungan pewarna makanan buatan. Hindarkan anak-anak dari makanan junk food agar kamu dan keluarga terbebas dari kanker.

Filter Air Keran

Untuk mengurangi risiko terpaparnya bahan kimia pada air minum yang mungkin mengandung zat karsinogen dan bahan kimia, kamu bisa melakukan penyaringan pada air keran di rumah. Air keran yang difilter terbukti lebih aman dibandingkan air isi ulang yang belum jelas kualitasnya. Sebaiknya masaklah terlebih dahulu air yang akan dikonsumsi.

Untuk mengurangi risiko terpaparnya bahan kimia pada air minum yang mungkin mengandung zat karsinogen dan bahan kimia, kamu bisa melakukan penyaringan pada air keran di rumah. Air keran yang difilter terbukti lebih aman dibandingkan air isi ulang yang belum jelas kualitasnya. Sebaiknya masaklah terlebih dahulu air yang akan dikonsumsi.

Perbanyak minum air putih

Dengan memperbanyak minum air putih, kamu bisa mengurangi risiko kanker kandung kemih yang bisa saja mengintai. Minimal minumlah air 8 gelas atau 2,5 L setiap harinya.
Kurangi Penggunaan Smart phone
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahaya paparan radiasi dari smart phone bisa saja memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Untuk itu, ada baiknya kamu membatasi diri dalam penggunaan smart phone. Matikan smart phone saat kamu hendak tidur. Cara ini bisa menjadi solusi menghindarkan diri dari radiasi smart phone.

Rajin Olahraga

“Di dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, semboyan ini sangat tepat adanya. Karena melakukan pencegahan penyakit dengan melakukan oleh raga yang teratur itu lebih baik dari pada mengobatinya. Untuk itu lakukan olahraga ringan setiap hari.

Demikianlah ulasan Basagita tentang gaya hidup sehat untuk mencegah datangnya penyakit kanker. Kamu juga bisa berbagi informasi akan bahaya penyakit kanker ini sebagai kampanye memperingati hari kanker nasional kepada orang-orang di sekitarmu. Mari kita cegah kanker sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat!


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *