Basagita Community — Selamat petang, Basagiters! Wanita yang hamil muda biasanya ingin mengkonsumsi sesuatu yang menyegarkan dan buah-buahan segar karena kehamilan muda masih sering terjadi mual-mual. Untuk mengatasi mual ini mereka mengkonsumsi lebih banyak buah. Namun tidak semua buah segar aman untuk wanita hamil muda, lho!

Mari kita simak buah apa saja yang dilarang dikonsumsi wanita hamil yang menurut para medis berbahaya bagi kesehatan ibu dan si janin.

Durian

Source by dewisehat.top

Buah dengan duri kasar dan bau yang tajam ternyata tidak baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Alasannya karena durian mengandung asam arachidonat dan alkohol. Jika terlalu banyak alkohol yang masuk ke dalam tubuh wanita hamil, memicu berbagai masalah kehamilan. Antara lain perut menjadi panas, berat badan bayi saat lahir terlalu rendah, bahkan dapat menyebabkan keguguran.

 

Nanas

source by duniakecantikan.info

Buah yang berduri berikutnya yang dilarang dikonsumsi wanita hamil yaitu nanas. Memang belum ada penelitian untuk memastikan bahaya dari kandungan nanas ini bagi wanita hamil muda, tetapi sebaiknya dihindari untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut alasan mengapa nanas dilarang pada wanita hamil muda :

  • Mengandung zat bromelain yaitu zat yang membuat leher rahim menjadi lunak sehingga tidak dapat menampung janin secara kuat yang akhirnya keguguran karena janin semakin besar.
  • Mengandung alkohol yang akan menyebabkan rasa panas di perut
  • Nanas memiliki rasa gatal, maka jika wanita hamil mengkonsumsi nanas disinyalir perut akan terasa gatal

Pepaya Muda

source by Info Pepaya

Buah pepaya cukup bagus dikonsumsi wanita hamil, yang tidak baik jika pepaya itu masih mentah dan muda. Jadi alasan mengapa wanita hamil tidak boleh memakan pepaya mentah atau pepaya muda yang disayur, adalah :

  • Tingginya kandungan getah atau lateks yang memicu kontraksi pada rahim
  • Getah pepaya menyebabkan rasa gatal pada ibu dan janin
  • Getah pepaya juga menyebabkan plasenta menjadi lengket

Nangka

source by tukangpromosiiklan.blogspot.com

Nangka dilarang dikonsumi oleh wanita hamil karena mengandung alkohol yang tinggi seperti durian dan juga terdapat getah  cukup banyak seperti yang terdapat pada pepaya muda.

Anggur

source by vemale.com

Anggur yang rasanya manis dan menyegarkan ternyata menurut pakar kesehatan sebaiknya tidak dikonsumi wanita hamil saat kandungan masih muda. Mengapa anggur menjadi salah satu yang dipantang? Karena memiliki kandungan gula berlebih sehungga dikhawatirkan janin mengalamai obesitas. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan alkohol  yang cukup tinggi.

Buah dalam Kemasan atau Dikalengkan

source by Okezone Lifestyle

Tentu saja semua mengetahui bila makanan segar yang dikalengkan pastinya mengandung bahan pengawet. Zat pengawet tidak bagus dikonsumsi untuk semua apalagi bagi wanita yang hamil muda. Buah yang dikalengkan mengandung zat purin yang memicu peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Selain itu, juga mengandung pemanis buatan yang dapat mengakibatkan bayi lahir lebih awal.

Cempedak

source by tribunnews.com

Buah yang mirip dengan nangka, wanginya yang menggoda selera untuk selalu menikmatinya. Namun seperti nangka, wanita hamil muda juga dilarang mengkonsumsi buah ini karena dapat menyebabkan kontraksi dini.

Itulah ketujuh buah yang sebaiknya dihindari oleh wanita hamil muda menurut kebanyakan pakar kesehatan. Konsumsilah buah yang aman untuk ibu dan si janin.

Semoga bermanfaat!

 

[Ditulis oleh Purwani Wijayanti]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

1 Komentar

cara menghilangkan jerawat · 01/11/2018 pada 10:42 pm

Buah memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. meet sehat kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *