Basagita Community — Pernahkan Basagiters menyicipi jajanan dari daerah Bandung? Banyak sekali ditemui pedagang yang sajikan berbagai macam cemilan  yang cukup menggiurkan. Mari kita simak beberapa olahan kanji khas Bandung yang disukai banyak orang.

pict from Merdeka.com

Tepung kanji yang lebih dikenal dengan nama aci dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang lezat. Bandung sebagai surganya kuliner, mempunyai beberapa olahan kanji yang bikin goyang lidah. Jajanan yang disantap dengan aneka bumbu tambahan dapat memberi cita rasa yang buat ketagihan. Pedas, adalah salah ciri dari makanan yang belakangan ini digemari oleh banyak anak muda.

Cireng

pict from foodSoldier.com

Olahan kanji yang satu ini banyak sekali disukai, baik anak, remaja ataupun orang tua. Tepung kanji yang telah diuleni lalu digoreng akan terasa lebih enak jika dinikmati dengan cocolan saus kacang atau bumbu rujak. Pembuatan cireng ini cukup mudah.

Bahan:

  1. Tepung kanji 250 g
  2. Tepung terigu 50 g
  3. Daun bawang 2 batang (iris halus)
  4. bawang putih 3 siung (tumbuk halus)
  5. Penyedap rasa ayam 1 sdt
  6. Merica bubuk 1 sdt
  7. Garam 2 sdt

Cara membuat:

  • Campur semua bahan menjadi satu, lalu tambahkan air panas sambil terus diaduk perlahan. Jika sudah mulai kalis bersiaplah untuk membentuknya sesuai selera dengan tipis-tipis. Cireng pun siap digoreng dalam wajan dengan minyak yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Gorenglah dalam api yang kecil.
  • Jika ingin membuat cireng isi, maka kita dapat memasukan berbagai bahan tambahan sesuai selera ke dalam adonan yang akan dibentuk. Bahan tambahan yang bisa dimasukan adalah keju, baso, sosis, daging atau sesuai selera.

Cilok

pict from Tribunnews.com

Bentuk bulat kecil, kenyal, dan lembut adalah ciri khas cilok yang belakangan banyak sekali variannya. Orang-orang kreatif melakukan inovasi agar cilok mempunyai ragam yang bisa dinikmati oleh penggemarnya. Cilok kuah, cilok goreng, cilok bakar dan beberapa jenis cilok lainnya dapat ditemui di beberapa pusat kuliner Bandung.

Bahan yang digunakan untuk membuat cilok sama dengan cireng. Hanya berbeda pada saat proses memasaknya. Untuk membuat cilok, ketika adonan telah dibentuk lalu dimasukan dalam panci yang berisi air panas. Rebus cilok beberapa saat hingga mengapung ke permukaan. Angkat, lalu tiriskan.

Jika ingin dapatkan sensasi lain dari cilok, kita dapat menggoreng atau membakar adonan yang telah direbus tadi. Bubuhi bumbu kacang, saus atau dapat juga disajikan dengan kuah seperti bakso.

 

Cimol

pict from Tribunnews.com

Cimol atau aci di cemol ini bentuknya bulat kecil-kecil yang digoreng seperti cireng. Dan bahan dasar serta cara pembuatannya persis dengan cireng, hanya bentuknya saja yang berbeda. Cimol ini biasa dinikmati dengan bumbu serbuk dengan berbagai macam rasa seperti keju, barbeque, pedas, kacang dan bawang.

 

Cilung

pict from Google

Kuliner yang proses pembuatannya digulung langsung di atas wajan dengan menggunakan tusuk sate ini menjadi salah satu favorit pecinta kuliner dari kanji dari Bandung. Pembuatan cilung ini cukup unik, karena adonan kanji yang cair akan langsung diproses di atas wajan yang telah diolesi oleh minyak. Lalu, setelah adonan dituang akan diberi berbagai macam bumbu seperti irisan daun bawang, serbuk cabai, saus dan penyedap rasa. Setelah itu baru digulung dengan bantuan tusuk sate. Setelah matang baru cilung ini dapat dinikmati dengan dicelupkan ke dalam saus tomat.

 

Seblak

pict from dapurkobe.co.id

Seblak terbuat dari kerupuk aci mentah yang dimasak beserta bumbu. Makanan yang disajikan dengan citarasa pedas ini sangat digemari oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan nendang di lidah membuat ketagihan.

Cara membuat seblak pun termasuk mudah. Hanya menyiapkan bumbu halus yang berasal dari bawang putih, bawang merah, kencur, dan cabai rawit. Setelah bumbu ditumis lalu masukan kerupuk, garam, penyedap dan sedikit air. Jika kerupuk sudah mulai lembek dan air mulai surut, maka seblak siap untuk disajikan. Belakangan ini seblak mulai disajikan dengan bahan pelengkap lainnya seperti telur, makroni, bakso, sosis dan juga sayuran.

 

Demikianlah 5 jenis olahan kanji dari Bandung yang bikin goyang lidah. Basagiters dapat mencoba jika pergi jalan-jalan ke Bandung. Tak perlu khawatir dengan harga, karena kuliner ini selain lezat juga aman di kantong. Selamat berwisata kuliner di kota Bandung, Basagiters!

 

[Ditulis oleh Nonz Ati]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *