Basagita Community — Salam, Basagiters! Tahukah kamu kalau saat ini ada banyak sekali orang yang menganggap dirinya tidak berguna dan berbagai macam hal lainnya? Padahal jangan remehkan dirimu sendiri, jangan pernah! Prinsip ini yang harusnya ditanamkan pada tiap diri manusia, termasuk kamu Basagiters. Segala yang kita miliki, baik itu wajah, karakter, kebiasaan, bentuk tubuh, hobi, tempat tinggal, sifat, keluarga, semua itu pasti bisa berarti untuk orang lain.

Berikut ini akan diuraikan 8 hal penting untuk mendongkrak “nilai dirimu” agar Basagiters bisa menumbuhkan kepercayaan diri dan siap untuk menanamkan prinsip agar jangan remehkan dirimu sendiri.

Mengubah kelemahan menjadi sebuah kelebihan

Mulailah berusaha untuk menghapus pikiran tentang apa yang basagiters anggap sebagai kelemahan. Ubah hal itu menjadi sebuah kelebihan.

Misalnya, badan kamu lebih kurus dan tinggi banget bila dibandingkan teman kamu yang lain. Bahkan tak jarang ada yang nyeletuk dan mengolok-olok dengan sengaja dan total banget.

Cara terbaik menghadapinya? cuekin aja, Basagiters. Selagi kamu sehat dan nyaman dengan keadaan itu, buat apa juga mendengar ‘kicauan gak penting’ di sekitar kamu.

Lagi pula, siapa tahu suatu saat badan kamu yang kurus dan tinggi banget itu bisa dilirik oleh brand tertentu untuk dijadikan model, some day. Who knows?

Niat yang besar dan konsisten

Niat adalah awal dari segala apa yang akan kamu lakukan. Apapun yang akan kamu kerjakan, pasti kamu awali dengan niat. Entah itu makan, mandi, keluar rumah, semua pasti dilandasi dengan niat. Arahkan niatmu menuju nilai positif dan baik. Pakailah niat itu untuk mencapai keinginan terbesarmu. Jika kamu punya niat yang besar dan konsisten untuk terus berusaha, maka dunia ada dalam genggamanmu.

Menyusun rencana

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana. Sebagai orang yang cerdas, kamu harus punya rencana tentang apa yang akan kamu kerjakan, untuk apa kamu lakukan itu dan bagaimana cara kamu menggapainya dengan cara paling ampuh dan strategis, basagiters. Kerjakan dengan cara yang sederhana namun mampu memenuhi target dengan baik.

Kerjakan sekarang

Kerjakan semua rencana yang sudah kamu susun sekarang juga! jangan menunda-nunda agar tidak mundur dari jadwalnya. Konon biasanya jika kamu menunda-nunda pekerjaan, maka godaan untuk terus mengulur waktu akan datang tiada henti. Jangan merusak rencana dengan terus mengulur waktu.

Target

Target harus ada, meski dimulai dengan suatu hal yang kecil dan ringan. Bila tidak ada target, bersiaplah untuk berada di barisan paling belakang. Dengan membiasakan diri menyelesaikan target yang diinginkan, kamu akan belajar serius untuk fokus pada tujuan.

Bermimpi? Boleh banget!

Jangan pernah berhenti untuk berkhayal dan bermimpi. Dari sebuah mimpi, kamu bisa semangat, beranjak  dan bergerak untuk meraihnya. Belajarlah dari idola kamu. Mereka yang awalnya hanya punya mimpi, lalu mereka ingin mimpi itu menjadi nyata. Mereka mencari cara untuk mewujudkan mimpi itu, kemudian mereka menyusun rencana, mengikrarkan diri bahwa mereka bisa dan…taraaa… mereka menjadi idola kita sekarang.

Jangan pernah bilang “saya tidak bisa”

Ini yang paling menjadi pantangan. Jangan pernah sekalipun mengatakan “saya tidak bisa”.

Bahkan pepatah lama mengatakan “ala bisa karena biasa”. Jadi yakinlah, dengan terus belajar dan berani mencoba berulang-ulang. Pasti basagiters bisa.

Gagal itu bukan hambatan

Ketika kamu sudah melakukan dengan cara semaksimal mungkin namun hasil akhirnya adalah kegagalan, maka jangan berhenti. Kegagalan saat ini justru menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk mengajarimu bahwa ada banyak cara yang lebih baik, yang bisa kamu tempuh untuk menggapai mimpimu. Coba terus dan coba lagi, sebab gagal itu bukan hambatan bagi basagiters.

Semoga uraian diatas bisa menjadi pencerahan agar Basagiters tidak remehkan dirimu sendiri. Karena setiap kamu selalu berarti.

 

[Ditulis oleh Syefrianidar]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *