Basagita Community — Susu merupakan salah satu penyempurna gizi harian yang wajib diterima oleh tubuh, kehadiran susu sangat berperan penting dengan kesehatan tubuh.  Selain sebagai pelengkap gizi harian susu juga kerap dijadikan sebagai salah satu komponen penting dalam resep masakan. Bukan hanya itu, susu juga dibutuhkan saat membuat kue, pelengkap sereal, sebagai minuman, dan berbagai jenis makanan lainnya. Ada banyak macam susu diantaranya susu hewani dan nabati atau susu non-dairy.

Mengingat pentingnya kebutuhan harian susu untuk kesehatan kerap kali membuat orang harus mengonsumsi susu minimal satu gelas di setiap harinya. Meskipun susu memiliki peranan yang penting, banyak orang enggan meminum susu dengan berbagai alasan, mulai rasa, aromanya, sampai pada alergi. Jika Anda salah satu pengidap alergi pada susu atau bahkan intoleransi laktosa, sudah pasti susu merupakan pantangan utama untuk dikonsumsi. Namun jangan khawatir, karena ada susu non-dairy yang dapat menjadi referensi lain untuk Anda.

Tahukah Basagiters jika ada beberapa pengganti non dairy yang memiliki kandungan nutrisi sama persis seperti susu sapi? Berikut ini beberapa produk pengganti susu yang bisa dikonsumsi setiap hari tanpa khawatir efek samping seperti alergi atau hal lainnya.

 

Susu beras

Hello Sehat

Produk pengganti susu sapi yang pertama adalah susu beras. Dari berbagai alternatif pilihan pengganti susu sapi, susu beras memiliki kandungan karbohidrat dua kali lipat. Susu beras juga mengandung 3 gram lemak, 33 gram karbohidrat, 1 gram protein dan 140 kalori. Minuman ini menjadi salah satu alternatif terbaik bagi Anda yang menderita alergi terhadap produk dairy, kedelai, gluten, dan lain sebagainya. Susu beras dapat digunakan dalam pembuatan kue, makanan penutup, dan smoothie.

Susu kedelai

Vemale.com

Susu jenis ini merupakan salah satu susu yang dihasilkan dari kacang kedelai sesuai dengan namanya. Biasanya susu jenis ini mengandung pengental serta minyak sayur guna meningkatkan rasa. Dalam satu cangkir susu kedelai mengandung 4,5 gram lemak, 9 gram protein, 90 kalori, dan 4 karbohidrat. Susu jenis ini biasanya digunakan dalam pembuatan kue, campuran kopi, atau coklat panas, teh dan juga sereal.

Susu kelapa

CaraMudah.ID

Jenis susu yang selanjutnya adalah susu kelapa atau sering kita sebut dengan nama santan. Secara tradisional santan telah banyak digunakan dalam berbagai macam resep hidangan masakan khas Asia seperti di Indonesa, Thaiand, dan juga India. Satu cangkir susu kelapa memiliki kandungan nutrisi sekitar 45 kalori dan 4 gram lemak. Dalam susu kelapa ini tidak mengandung karbohidrat dan juga kalori. Penggunaan susu kelapa yang umum digunakan adalah sebagai pengental saat membuat kari. Selain itu, susu kelapa juga bermanfaat untuk dijadikan bahan pendukung dalam resep masakan makanan penutup.

Susu gandum atau oat

Nawacita.co

Alternatif selanjutnya adalah susu gandum. Susu yang terbuat dari sari gandum yang dicampur dengan garam dan juga minyak sebagai peningkat tekstur dan rasa. Susu jenis ini memiliki kandungan serat lebih banyak dibandingkan dengan susu alternatif lainnya. Susu gandum memiliki khasiat menjaga saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam satu cangkir susu gandum memiliki 170 kalori, 5 gram protein, 5 gram lemak, dan 29 gram karbohidrat.

Susu macadamia

Klikdokter

Susu yang terbuat dari 3% sari kacang macadamia dan air ini memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah penting dibanding dengan jenis susu alternatif lainnya. Susu jenis ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan juga creamy. Dalam satu cangkir susu macadamia terdapat setidaknya 4 gram protein, 4,5 gram lemak, 55 kalori, serta 1 gram karbohidrat.

 

Nah buat Basagiters yang memiliki alergi terhadap susu sapi, beberapa pilihan di atas bisa menjadi rujukan susu alternatif yang dapat dikonsumsi setiap hari. Dengan mengonsumsi susu non-dairy, Anda bisa terbebas dari efek samping alergi yang paStinya akan mengganggu aktivitas harian.

 

[Ditulis oleh Elly A]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *