Basagita Community — Basagiters! Teknologi  internet memang bisa memberikan berbagai macam informasi yang bisa menambah ilmu pengetahuan. Dengan adanya internet, kita bisa mendapatkan informasi secara langsung, sehingga kita bisa mengimbangi dan mengetahui perkembangan dunia saat ini. Selain manfaat dalam hal informasi, dengan adanya akses internet kita bisa menjalin silaturahmi dengan sanak saudara meskipun dengan jarak berkilo-kilo meter jauhnya. Internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

Internet dunia

Terlebih adanya jejaring sosial yang menambahkan dimensi lain pada kehidupan, sehingga orang bisa terhubung satu sama lain dan mudah menemukan banyak teman. Sering kali, internet menjadi teman terdekat pada setiap kesempatan dengan begitu kecanduan internet merupakan salah satu hal.yang paling memungkinkan. Bagi para pecandu internet hidup akan terasa kurang berwarna tanpa adanya internet.

Beberapa pakar kejiwaan  menyebut  keadaan itu sebagai gangguan kecanduan internet atau penggunaan internet problematik. Para ahli membandingkan kecanduan internet dengan substansi yang lainnya seperti alkohol, obat-obatan dan tembakau. Setelah penelitian berakhir, para ahli menyarankan jika kecanduan internet harus disertakan dalam DSM-V (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fifth Edition) sebagai salah satu gangguan jiwa.

Seorang ahli jiwa Ivan Goldberg menemukan kondisi ini untuk pertama kalinya. Adapun gejala kecanduan internet yang kerap dialami adalah sebagai berikut :

Lupa Waktu

Penderita gangguan kecanduan pada internet biasanya akan lupa waktu dalam penggunaan internet. Bahkan terkadang melupakan hal-hal mendasar atau kegiatan sehari-hari yang memang harus dikerjakan.

Emosi Berlebihan

Saat internet tidak dapat di akses, penderita kecanduan internet akan marah dan tegang atau bahkan merasa depresi dan sering mengumpat.

Sering menyendiri

Saat gangguan kecanduan internet sudah ada pada diri seseorang, maka orang itu akan cenderung lebih memilih menyibukkan diri dengan peralatan komputer atau smartphone dalam genggaman. Menyibukkan diri dengan berselancar di dunia maya. Hal ini tentunya memiliki dampak yang negatif, dimana toleransi terhadap orang di sekitar akan berkurang.

Dampak lain penggunaan internet dalam jangka waktu berkepanjangan adalah menimbulkan beberapa perilaku negatif seperti berbohong. Bukan hanya itu internet juga berpengaruh pada rendanhnya prestasi pada anak, menutup diri secara sosial dan kelelahan. Gejala yang sama dengan gejala kecanduan pada obat-obatan.

Adapun jenis kecanduan internet terdiri dari tiga bagian yakni :

– Kegemaran seksual

– Game Online

– Email/Pesan teks.

Di beberapa negara-negara Asia, khususnya Korea Selatan dan China, kecanduan internet sudah menjadi sebuah masalah negara. Pasalnya di Korea Selatan sudah ada peristiwa pembunuhan terkait game online. Pengaruh yang cukup besar akan adanya internet membuat kita harus berhati-hati dan lebih bijak dalam mengakses internet.

Nah Basagiters pastikan ketiga gejala kecanduan internet tidak ada pada diri Anda ya? Jika memang memiliki salah satu gejala di atas, sebaiknya Anda harus melakukan upaya pencegahan agar tidak terlalu dalam terjerumus dalam candu internet yang melebihi candu pada obat-obatan terlarang.

 

[Ditulis oleh Elly Almayra]

#pict from google


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *