Kesehatan Tubuh – Terkadang kita cenderung menyepelekan masalah kesehatan, padahal itu merupakan hal yang penting. Menjaga pola makan, mengatur pola tidur, serta melakukan olahraga rutin merupakan suatu keharusan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apakah kamu termasuk orang yang suka menyepelekan hal tersebut?

Di zaman sekarang ini, banyak sekali penyakit yang tanpa sadar telah menjangkiti tubuh manusia-manusia muda. Penyakit-penyakit tersebut datangnya dari kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari. Selain rokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, serta makanan yang mengandung lemak, ada beberapa hal lain yang dapat merusak kesehatan tubuh manusia.

Kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering kamu lakukan sehingga dapat merusak kesehatan tubuh, antara lain :

Terlalu banyak menonton TV, main laptop dan handphone

 

 

Mungkin hal ini sangat susah dihindari. Tiga kebiasaan tersebut sudah sangat melekat dan menjadi rutinitas sehari-hari yang sulit ditinggalkan. Karena zaman sekarang, semua pekerjaan selalu dilakukan secara online. Bahkan, membaca surat kabar pun sudah tidak perlu lagi membeli koran. Cukup dengan mengakses laptop atau smartphone, kamu bisa mendapatkan kabar berita hari ini maupun sebelumnya.

Namun jika terlalu lama dibiarkan menggunakan gawai tanpa memberikan waktu istirahat yang cukup, maka penyakit-penyakit akan mudah menyerang, seperti peningkatan resiko obesitas, diabetes, dan emboli paru. Selain itu, jika sering menggunakan gawai tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik dapat menurunkan kemampuan kognitif otak.

 

Terlambat makan

Nah, hal ini sering sekali terjadi dan diabaikan oleh kebanyakan orang. Tahukah kamu? Jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus dan menjadi kebiasaan, maka segala macam penyakit dapat datang dengan mudah. Jangan kamu kira bahwa terlambat makan akan menurunkan berat badan. Justru hal ini malah akan meningkatkan nafsu makan kamu di waktu setelahnya.

Menunda waktu makan juga akan melambatkan metabolisme tubuh. Yang lebih buruk adalah, jika hal ini sudah menjadi kebiasaan dan sering disepelekan, maka akan menyebabkan asam lambung naik yang dapat berujung pada penyakit maag akut. Selain itu, kebiasaan ini juga mampu meningkatkan resiko penyakit diabetes.

 

Terlalu lama membuka media sosial

Zaman sekarang, media sosial merupakan hal wajib yang dimiliki setiap orang. Dari yang muda hingga tua, pasti memiliki satu akun media sosial. Penelitian telah menemukan banyak sekali manusia yang sudah terisolasi dengan media sosial. Hal ini menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. Karena orang yang sudah berkutat dengan media sosial, sebagian waktunya hanya dihabiskan untuk mengamati media sosial saja tanpa melakukan aktivitas yang membuat tubuh bergerak. Terlebih, jika kamu terlalu lama mengamati media sosial dapat menimbulkan rasa iri pada orang lain yang bisa menurunkan mood. Sehingga hal ini akan meningkatkan terjadinya depresi.

 

Terlalu lama duduk

Terlalu lama duduk juga dapat meningkatkan resiko gangguan pada kesehatan tubuh. Duduk dalam jangka yang panjang akan meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit kardiovaskular. Sebab duduk terlalu lama membuat tubuh tidak banyak bergerak dan melakukan aktivitas fisik yang dapat membakar kalori lebih banyak. Biasakan tetap melakukan gerak fisik setidaknya setiap 30 menit sekali. Tentu hal ini akan membuat tubuh dan pikiran kamu juga merasa lebih baik.

 

Sering menahan marah

Mungkin pepatah yang mengatakan bahwa “sabar itu ada batasnya” benar adanya. Terlalu sering menahan dan memendam amarah ternyata tidak selalu baik, bahkan cenderung lebih buruk jika terus-menerus dilakukan. Hal ini akan mengakibatkan stres, karena kamu tidak pernah melampiaskan emosi dengan semestinya. Jika emosi sudah memuncak biasanya baru diluapkan, ternyata hal ini malah dapat membahayakan kesehatan tubuh manusia. Jika kamu sering mengalami ledakan amarah secara tiba-tiba, maka akan lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Mulai sekarang, jangan lagi menyepelekan hal-hal yang menjadi kebiasaan sehari-hari. Sayang kan, kalau usia kamu masih sangat muda, namun sudah rentan terhadap penyakit cuma karena melakukan kebiasaan yang dianggap sepele. Sayangilah tubuhmu dari sekarang, jaga pola makan, tidur yang teratur, olahraga yang cukup, serta hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat merusak kesehatan tubuh.

Memiliki tubuh yang sehat adalah aset untuk membangun masa depan yang lebih baik. Tinggalkan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan tubuh kamu. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk kamu. Sayangi tubuhmu, karena sehat itu mahal!


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *