Basagita Community — Hai, Basagiters! Perempuan di seluruh dunia ini sulit dipisahkan dari alat kosmetik dan perawatan kecantikan. Terbukti, puluhan tahun silam sudah banyak brand kosmetik asli Indonesia beredar di pasaran. Keunggulan yang ditawarkan kosmetik merk lokal adalah bahan-bahan yang dipakai aman tidak mengandung zat kimia berbahaya yang berefek samping tertentu baik dalam jangka panjang maupun pendek. Selain itu, kosmetik merk lokal  pasti disesuaikan dengan jenis kulit untuk daerah tropis dengan harga yang cukup terjangkau pula dan senantiasa menghadirkan inovasi. Alasan itu pula yang membuat beberapa brand kosmetik asli Indonesia walaupun sudah puluahn tahun masih bertahan dan tetap laris di pasaran.

Apa saja merk atau brand kosmetik asli Indonesia yang sudah puluhan tahun masih eksis sampai saat ini? Mari kita lihat.

1.      VIVA Cosmetics

pict from vivacosmetic.com

Bagi yang lahir di tahun 80-an sudah tidak asing lagi dengan brand kosmetik ini. Viva cosmetics sudah ada sejak tahun 1962 dan merupakan favorit bagi wanita Indonesia. Kandungannya yang disesuaikan dengan kulit wanita tropis dan packaging dari Viva cosmetics sangat praktis dibawa bepergian. Meskipun harga produk yang ditawarkan termasuk cukup murah, namun jangan khawatir dengan kualitas produknya. Viva cosmetics telah mendapatkan sertifikat Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB). Brand kosmetik ini juga mulai berinovasi dengan menghadirkan produk-produk baru yang disesuaikan dengan minat wanita Indonesia. Mulai dari Eye Cream, Pencil Matic Eye Brow, sampai Waterdroop Sleeping Mask.

2.      Sari Ayu – Martha Tilaar

pict from pusatkosmetik.com

Di Indonesia, produk ini sangat populer, coba siapa yang tidak mengenalnya? Kualitas produknya tidak kalah dengan brand luar negeri. Sariayu masih mempertahankan eksistensi sebagai rahasia kecantikan wanita Indonesia dengan mengangkat konsep bahan alami asli Indonesia. Sariayu selau mempunyai tren warna make-up baru setiap tahunnya. Pada tahun 1973  dr. Marta Tillar bekerjasama dengan Kalbe Farma membuat perusahaan kosmetik dan jamu dengan nama Martha Berto yang kini lebih dikenal sebagai Martha Tilaar. Selama 45 tahun berdiri, Martha Tilaar Grup kini menjelma menjadi salah satu brand kosmetik raksasa yang digemari wanita Indonesia.

3.      Mustika Ratu

pict from Google

Pendiri Mustika Ratu adalah Dra. BRA Mooryati Soedibyo, merupakan salah satu bangsawan Kraton Surakarta. Kecintaannya kepada perawatan dan jamu yang dibuat dari rempah asli Indonesia, membuatnya mencoba untuk membuat jamu tradisional dan dipasarkan ke beberapa daerah saja di Indonesia pada Dari usaha jamunya ini, kini telah merambah ke dunia kencantikan dengan memproduksi produk-produk kosmetik yang menggunakan berbagai ramuan tradisional. Sejak tahun 1996, telah menerapkan Standar Internasional ISO 9002 tentang Sistem Manajemen Mutu, serta ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan, sehingga produk yang dihasilkan sudah pasti terjaga kualitasnya. Mustika Ratu mendirikan brand kecantikan yang diperuntukkan bagi remaja putri dan wanita dewasa Indonesia hingga produk Sliming Tea yang diciptakan khusus untuk menjaga postur tubuh.

4.      Purbasari

pict from tokopedia.com

Sejak tahun 1993 dibawah naungan PT Gloria Origita Cosmetics sukses bertahan sampai saat ini. Produk body care berupa lulur mandi berhasil mendapat tempat di hati para wanita Indonesia. Tidak puas dengan produk body care, Purbasari pun merambah ke dunia make up dengan mengeluarkan produk-produk kosmetik. Seperti lip cream dan lipstik matte yang langsung menarik minat pemakai dan menjadi favorit wanita Indonesia.

5.      Wardah

pict from www.wardahbeauty.com

Siapa sangka brand kecantikan sebagai pelopor kosmetik halal ini dulunya dipasarkan dengan cara door to door. Kosmetik yang mempunyai sertifikat halal yang menjadi kebutuhan perempuan muslimah sehingga saat menggunakan tak perlu merasa khawatir. Untuk tetap meraih tempat di hati para penggemarnya, Wardah selalu melakukan inovasi dengan memproduksi berbagai produk baru yang selalu menjadi incaran. Tidak hanya mendapat sertifikat halal dari MUI, juga sudah mendapatkan lisensi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain memiliki beragam produk mulai dari make up hingga skin care, harganya pun terjangkau.

 

Demikian kelima brand legendaris produk asli Indonesia. Brand manakah yang selalu kamu pakai dan menjadi favorit?

[Ditulis oleh Purwani]

Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *