Basagita Community — Hai, Basagiters! Siapa yang tak kenal madu? Pasti semua sudah tahu dan mengenalnya ya! Madu yang dihasilkan oleh lebah, yang manis rasanya dan sangat bermanfaat. Ternyata, lebah tidak hanya menghasilkan madu lho! Masih banyak yang diproduksi oleh lebah, dan semua bermanfaat untuk tubuh kita. Mau tau apa sajakah manfaat lebah? Yuk, simak ulasan berikut ini :

Madu

madu

Madu adalah hasil utama yang dihasilkan oleh lebah. Sebenarnya madu berasal dari nektar. Nektar ini dikumpulkan oleh lebah pekerja yang disimpan pada kantong yang ada di tubuh lebah. Kemudian nektar ini dibawa ke sarang untuk diolah oleh lebah rumahan. Cara mengolahnya pun cukup unik. Nektar-nektar ini diolah di perut lebah rumahan. Setelah proses pengolahan ini selesai, nektar ini dikeluarkan kembali dan ditempatkan pada kantong-kantong rumah lebah. Bentuknya yang tadinya cair, ketika sudah diolah teksturnya menjadi kental. Ini dikarenakan kandungan air dalam nektar yang tadinya sekitar 70%, setelah menjadi madu kandungan airnya berkurang dan hanya sekitar 18% kandungan airnya. Madu sangat bagus untuk menjaga stamina tubuh bila kita mengkonsumsinya secara rutin. Dapat membantu menormalkan tekanan darah dan sebagai pemanis pengganti gula bagi penderita Diabetes.

Lilin

Lilin atau yang sering kita kenal dengan istilah “malam” ini dihasilkan oleh lebah dari kelenjar lilin yang ada pada perut bagian bawah lebah. Lilin lebah sering dipakai untuk bahan komponen pembuatan batik. Selain itu juga untuk campuran pada bahan kosmetik seperti lipstick.

Propolis

Propolis sangat baik untuk masa pemulihan dari sakit, mempercepat penyembuhan luka. Propolis juga sangat efektif untuk proses penyembuhan  penderita influenza.

Royal Jelly

Fungsinya hampir sama dengan produk lebah lainnya. Royal Jelly baik dikonsumsi untuk membantu mengembalikan kekuatan tubuh pada masa pemulihan dari sakit.

Bee Pollen

Produk lebah satu ini cukup banyak manfaatnya. Bee Pollen sangat bagus untuk mempercepat penyembuhan kulit terbakar dan mencegah timbulnya peradangan. Komponen ini juga bagus untuk masker wajah agar proses peremajaan kulit lebih optimal serta mencegah munculnya jerawat. Bagi pria yang bermasalah dengan prostat, dianjurkan untuk mengkonsumsi Bee Pollen ini karena cukup efektif membantu dalam mengatasi keluhan pembesaran prostat serta mencegah peradangan. Bee Pollen juga  bagus untuk mereka yang bermasalah pada pencernaan. Bee Pollen yang kaya akan serat sangat bagus untuk memperbaiki sistem pencernaan.

 

Jadi, tak ada alasan kita untuk tidak menyertakan berbagai macam manfaat lebah dalam menu makanan atau minuman kita dalam keseharian. Madu bisa dipakai sebagai selai saat kita mengkonsumsi roti tawar. Bisa juga sebagai pemanis dalam minuman dingin kita. Propolis bisa kita teteskan dibawah lidah ketika cuaca mulai kurang bersahabat agar tetap terjaga stamina tubuh dan tidak diterpa influenza. Begitupun bubuk Bee Pollen, bisa kita aplikasikan pada wajah kita sebagai perawatan. Selain itu bisa sebagai obat luar ketika kulit kita terluka. Semoga bermanfaat Basagiters!

 

[Ditulis oleh Ari Subeno]

#pict from google


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *