Basagita Community — Menyambut kelahiran si kecil tentu merupakan saat-saat yang mendebarkan. Apalagi jika anak pertama. Penasaran dengan raut wajahnya, ditambah sedikit kekhawatiran soal proses persalinan, kegembiraan karena diamanahi buah cinta, juga mungkin sedikit effort untuk menyusun anggaran biaya atau budget persiapan kelahiran si kecil.

Seyogyanya anggaran ini sudah Anda siapkan sejak awal menikah atau saat mulai menjalani program kehamilan. Karena persiapan yang semakin matang akan membuat beban Anda dan pasangan menjadi lebih ringan. Berikut lima tips untuk menghemat budget persiapan kelahiran si kecil.

Siapkan asuransi untuk ibu dan bayi

Source by: Finansialku

Paling tidak milikilah salah satu asuransi yang dapat mengcover biaya control dan persalinan nanti. Paling mudah adalah BPJS. Walau mungkin tidak semua tagihan dapat ditanggung asuransi, tapi jelas akan meringankan beban keuangan Anda dan pasangan. Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli polis asuransi adalah perhitungan premi, dan manfaat yang Anda dapatkan. Pastikan preminya tidak akan memberatkan keuangan keluarga dan manfaatnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika tunjangan kesehatan di kantor Anda sudah mengcover biaya persalinan, skip saja asuransi ini.

Pilih tempat belanja yang tepat

Source by: Sebandung.com

Perlengkapan bayi adalah budget dengan nominal yang cukup besar, selain biaya melahirkan.  Cek harga ke beberapa tempat atau toko sebelum membeli, tentu tak ada salahnya. Kita membeli baju untuk bayi baru lahir biasanya dalam jumlah banyak, jadi membeli di toko grosiran adalah pilihan yang lebih hemat dibandingkan membeli di mall. Anda dapat meminta referensi dari teman dan saudara agar mendapat perlengkapan bayi yang berkualitas dengan kualitas baik.

Barang bekas? Kenapa tidak?

Source by: BukaLapak

Beberapa barang seperti bouncer, baby walker, baby stroller, biasanya hanya akan dipakai beberapa bulan saja. Alih-alih membeli, kenapa tidak membeli bekas saja? Mungkin ada teman atau saudara yang ingin menjual barang-barang tersebut  daripada menumpuk di gudang. Kita bisa berhemat lumayan banyak, lho!

Siapkan tabungan mulai sekarang

Source by: kreditgogo.com

Walau sudah ada asuransi, tak ada salahnya untuk menyisihkan sedikit dana untuk tabungan. Jika selama ini Anda menabung sebesar 10-30% dari take home pay, Anda bisa sisihkan 25-30% dari tabungan rutin tersebut untuk persiapan menyambut si kecil. Nantinya tabungan ini akan berguna jika ada emergency case saat persalinan atau pasca persalinan. Atau jika tidak terpakai di saat itu, Anda bisa menjadikannya tabungan pendidikan untuk si kecil.

Modifikasi

Source by: model baju dan fashion

Kelak, setelah melahirkan, ibu baru akan membutuhkan baju baru yang breastfeeding friendly. Jangan buru-buru ke butik langganan, kenapa tidak memodifikasi baju lama saja? Selama masih muat dipakai, yang perlu diubah hanya bagian depan saja. Anda tinggal pergi ke tukang jahit, lalu minta untuk membuat bukaan bagian dada di baju Anda agar mudah menyusui. Bisa dengan kancing atau resleting. Budget yang dibutuhkan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli baju baru. Beberapa perabot juga bisa Anda alihfungsikan atau dimodifikasi sesuai kebutuhan si kecil nanti. Misalnya tempat tidur single yang diberi tambahan laci di bawahnya untuk menyimpan perlengkapan ananda, atau rak yang menganggur bisa dijadikan lemari untuk menaruh baju-bajunya. Anda hanya butuh sedikit kreativitas dan rajin mengulik internet untuk mendapatkan ide. Biayanya akan lebih murah daripada membeli perabot baru.

 

Lima tips di atas semoga dapat membantu Anda dan pasangan untuk mempersiapkan anggaran dalam menyambut anggota baru keluarga. Selamat mencoba.

 

[Ditulis oleh Adzra Tsabitha]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *