Basagita Community — Selamat akhir pekan, Basagiters! Basagiters, sebagai makhluk Tuhan yang berjenis perempuan, memiliki kulit wajah cantik sehat alami merupakan dambaan, termasuk juga dengan kamu. Tapi bagaimana cara mensiasati agar tetap cantik sehat alami dengan cara mudah dan juga murah? Salah satu cara paling gampang dalam merawat kulit wajah adalah dengan memakai masker  buah.

Betapa kerennya bila kamu bisa membuat masker buah sendiri. Selain alami karena tanpa bahan pengawet, juga dijamin murah karena jenis buah-buahan ini hampir selalu ada di dapur kamu.

Yuk, kenali buah apa saja yang bisa kamu olah untuk dijadikan masker wajah. Dijamin simpel, tidak perlu repot, mudah dan pastinya murah.

Jeruk Nipis

Buah yang satu ini sudah termahsyur dengan segala keunggulan dan manfaatnya yang luar biasa. Masker jeruk nipis sangat cocok untuk mengontrol minyak berlebihan pada area wajah. Kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis antara lain: limonen, linanin asetat, fellandren dan asam sitrat.

Cara membuat masker dengan bahan ini:

  • Cuci bersih jeruk nipis, kemudian iris.
  • Peras airnya untuk diminum, lebih nikmat jika pakai madu dan es batu.
  • Usapkan kulit bagian dalam jeruk nipis ke wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lakukan perlahan-lahan dengan gerakan memijat.
  • Bilas dengan air dingin.

Anggur

Semua jenis anggur bisa digunakan untuk lotion sehari-hari dan nyaris cocok dengan  semua jenis kulit. Anggur kaya akan kandungan potassium, kalsium, magnesium, mineral dan vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan C. Anggur juga mengandung senyawa flavonoid atau biasa dikenal dengan antioksidan yang ampuh menghambat penuaan dini.

Cara membuat masker dengan bahan ini:

  • Hancurkan beberapa buah anggur hingga cukup untuk menghasilkan dua sendok makan, lalu saring.
  • Oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas.
  • Setelah 20 menit, bilas dengan air mawar yang tersedia di apotek.

Peach dan Plum

Seperti anggur, kedua jenis buah ini juga merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Maskernya berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan regenerisasi sel baru. Kandungan AHA (Alpha Hidroxy Acid) nya dapat membantu melenyapkan kerut-kerut halus, noda hitam akibat sinar matahari, noda akibat proses penuaan pada wajah, bekas jerawat dan memperkecil lubang pori-pori.

Cara membuat masker buah dengan bahan ini:

  • Rebus satu buah peach atau plum ukuran sedang hingga lembek.
  • Lumatkan buah peach yang sudah lunak direbus tadi dengan sendok.
  • Campurkan buah peach dengan satu sendok makan madu dan sedikit oatmeal.
  • Aduk hingga mengental.
  • Oleskan merata ke seluruh wajah, diamkan selama 10 menit.
  • Cuci bersih wajah dengan air dingin.

Apel

Jika Basagiters memiliki kulit wajah yang berminyak, masker yang terbuat dari buah yang satu ini sangat direkomendasikan banget, loh! Kandungan zat alami dalam apel bisa menetralisir minyak berlebih dan mengangkat kotoran yang menempel di kulit wajah. Pas banget untuk membasmi jerawat membandel sekalipun.

Cara membuat masker dengan bahan ini:

  • Parut sebuah apel berukuran sedang
  • Campurkan parutan apel dengan satu atau dua sendok madu.
  • Oleskan ke seluruh permukaan wajah dan biarkan selama 10 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih dengan air dingin.

Pisang

Pisang mengandung moisturizer yang dapat melembabkan wajah, makanya masker ini cocok banget untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering. Buah ini juga kaya akan nutrisi, vitamin C, vitamin B6 dan potasium.

Cara membuat masker dengan bahan ini:

  • Pilih dua buah pisang ambon dengan ukuran sedang, lalu hancurkan dengan menggunakan garpu. Jangan terlalu halus agar tidak menghasilkan banyak air.
  • Campur leburan pisang dengan 1 sendok oatmeal, lalu tambahkan madu dan susu murni jika perlu. Susu berguna untuk menghaluskan kulit.
  • Oleskan merata keseluruh permukaan wajah dan biarkan selama 10 menit. Tahap akhirnya, cuci bersih wajah dengan air dingin.

 

Demikianlah beberapa jenis buah yang dapat kamu olah sendiri di rumah untuk dijadikan masker wajah, Basagiters! Dan pastikan pilih masker buah yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Basagiters. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

[Ditulis oleh Syefrianidar]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *