Basagita Community — Halo Basagiters! Dalam perhelatan Asian Games 2018 kali ini, para atlet Indonesia sebagai tuan rumah terus berjuang menambah perolehan medali. Medali emas berhasil diperoleh atlet kita lagi yaitu dari cabang olahraga paralayang. Sebenarnya apa itu olahraga paralayang dan bagaimana cara melakukannya? Berikut ulasannya.

Pengertian Paralayang

Olahraga Paralayang Indonesia

Paralayang atau paragliding dalam bahasa Inggris adalah salah satu jenis olahraga udara (aero sport) atau terbang bebas menggunakan parasut yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Perbedaan paralayang dan terjun payung adalah pada titik lepas landasnya. Terjun payung dimulai dari pesawat/helikopter. Sementara untuk paralayang, titik mulai lepas landas dari sebuah bukit atau gunung dengan memanfaatkan kekuatan angin. Angin merupakan faktor penentu keberhasilan olahraga ini, karena akan mengangkat parasut untuk terbang melayang tinggi.

Ada dua jenis angin yang dimanfaatkan dalam olahraga paralayang yaitu angin naik yang menabrak lereng(dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan suhu dan tekanan udara(thermal lift). Seorang penerbang paralayang harus benar-benar jeli mengamati pergerakan angin ini, karena itulah satu-satunya cara agar parasutnya bisa terbang tinggi dan mencapai jarak yang jauh.

Peralatan Paralayang

Peralatan Paralayang

Ada beberapa peralatan yang wajib dibawa dan dipakai penerbang ketika melakukan olahraga paralayang antara lain, parasut utama dan cadangan, harness, helm, handytalky, GPS, windmeter, variometer, dan peta lokasi terbang. Penerbang juga harus memakai baju terbang, sarung tangan, dan sepatu boot. Jenis parasut yang digunakan juga disesuaikan dengan berat badan penerbang dan tingkat kemampuannya yaitu, penerbang pemula, penerbang menengah, dan untuk penerbang mahir/profesional.

Cara Melakukan Paralayang

pict from Google

Sebelum melakukan paralayang, penerbang perlu mendaki bukit/gunung terlebih dahulu kemudian menyiapkan harness(sabuk) yang akan dipakai sebagai tempat duduk. Setelah semua siap, penerbang duduk di harness yang menggantung di bawah parasut, yang bentuknya ditentukan oleh ikatan tali dan tekanan udara yang memasuki celah di bagian depan parasut. Jika anda masih pemula, lakukanlah olahraga ini dengan pendampingan penerbang yang sudah profesional, karena olahraga ini termasuk jenis olahraga yang cukup berbahaya. Ada syarat yang harus dipenuhi ketika anda akan melakukan olahraga ini, yaitu memiliki badan sehat, tidak mempunyai riwayat sakit jantung dan epilepsi, serta berumur minimal 18 tahun.

Manfaat Olahraga Paralayang

pict from Google

Seperti sudah dijelaskan di atas, olahraga paralayang selain untuk tujuan kompetisi, bisa juga untuk rekreasi. Anda dapat merasakan sensasi terbang menggunakan parasut sambil menikmati keindahan alam. Selain itu paralayang juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Melatih keseimbangan tubuh
  2. Menguatkan otot tubuh.
  3. Mendapatkan banyak vitamin D
  4. Mengurangi stres
  5. Membakar kalori
  6. Melatih kesabaran
  7. Melatih fokus dan konsentrasi
  8. Sebagai terapi fobia pada ketinggian

Itulah tadi beberapa ulasan tentang olahraga paralayang. Apakah Basagiters berminat untuk mencobanya?

 

[Ditulis oleh Apriliana Kuntorowati]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *