Basagita Community — Hallo, Sobat Basagiters! Punya tubuh dengan berat badan ideal tentu menjadi dambaan semua orang, terutama bagi kaum hawa. Tidak sedikit yang rela menguras isi dompet demi punya tubuh yang seksi. Sayangnya, diet yang menjanjikan penurunan berat badan dengan cepat justru tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi, memunculkan masalah baru seperti gangguan saluran cerna dan tidak mengubah kebiasaan.

Sebenarnya ada tips sederhana bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal, simak yuk!

Pantau Selalu

Pict From: Sidomi

Memantau Indeks Massa Tubuh (IMT) ternyata sangat penting. Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah perhitungan jumlah berat badan normal yang tepat, dihitung berdasarkan tinggi dan berat badan seseorang. Berat badan ideal seseorang bisa jadi berbeda dengan orang lainnya. Jangan sampai keliru menargetkan tubuh yang sehat. Mengetahui IMT bisa menjadi motivasi untuk selalu menjaga makanan yang dikonsumsi dalam sehari.

Cara Perhitungan IMT =

Kalau sudah dihitung cek dengan batas ambang berikut :

Kurus (tingkat berat)       : < 17,0

Kurus (tingkat ringan)     : 17,0 – 18,4

Normal                             : 18,5 – 25,0

Overweight                      : 25,1 – 27,0

Obesitas/Kegemukan       : > 27,0

Ingat dan catat

Pict From: MethodIndonesia.blogspot

Tidak terlalu rumit jika anda mau mengingat – ingat apa saja yang sudah dimakan hari ini. Apalagi di era-digital, catatlah setiap makanan yang dikonsumsi di note hp secara rutin. Jika sudah terlalu banyak makan gorengan dan berlemak, maka waktu berikutnya ganti lah dengan makanan yang sederhana tapi bernilai gizi, contohnya buah – buahan segar tanpa dicampur dengan sirup atau pemanis lainnya.

Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan cepat saji, makanan bergoreng dengan menggunakan minyak berulang kali, gula dan minuman yang bersoda. Perbanyak makanan tinggi serat atau ganti cemilan dengan jenis agar – agar ataupun pudding. Jangan lupa batasi gula dalam proses pengolahannya.

 

Perhatikan

Pict From: GreenSmoothieGirl

Jangan cuma pasangan yang terus – menerus minta perhatian, tapi pola makan yang disesuaikan dengan Mekanisme Fungsi Tubuh atau Food Combining juga harus mendapatkan perhatian khusus.

Food Combining bertujuan agar sistem pencernaan dan pemakaian energi lebih efisien. Siklus Food combining dibagi menjadi 3 periode :

Siklus Pencernaan

Berlangsung pada pukul 12.00 – 20.00. Waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan padat, seperti daging.

Siklus Penyerapan

Berlangsung pada pukul 20.00 –  04.00. Sebagian besar sari – sari makanan yang sudah dicerna akan diserap dan dibagikan ke seluruh tubuh. Periode inilah seseorang dianjurkan untuk beristirahat dan tidak mengonsumi makanan lagi.

Siklus Pembuangan

Berlangsung pada pukul 04.00 – 12.00. Fase ini paling banyak menguras energi, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mudah cerna seperti jus buah, nasi, ataupun sayuran.

Menunda Sinyal

Pict From: MeetDoktor.com

Sedikit jual mahal saat tubuh memberi sinyal lapar juga perlu dilakukan agar tubuh berkesempatan untuk beradaptasi dan sensor otak mengingat kembali tentang makan sehat. Ganti segera dengan mengonsumsi air putih.

Dalam buku Outfit Your Weight karangan Cathy Nonas menyebutkan bahwa minum air putih 500 ml dapat meningkatkan metabolisme 30% selama beberapa menit. Jika dalam waktu 30 menit rasa lapar tidak hilang, sebaiknya konsumsi makanan kecil untuk mencegah iritasi lambung. Mengonsumsi buah sebelum makan nasi juga dapat mengurangi nafsu makan saat menyantap menu utama.

Olahraga

Pict From: museedumontparnasse.net

Jangan jadikan sibuk sebagai alasan untuk tidak berolah raga. Lakukan saja olahraga harian yang dapat membakar kalori, seperti rutin berjalan kaki di ruangan selama 5 – 10 menit, membuat gerakan sederhana sambil duduk dan naik turun tangga. Selanjutnya, setiap selesai makan, lakukan jalan santai beberapa menit. Perhatikan kecepatannya agar tidak terjadi kram otot. Olahraga akan menjadi ringan dilakukan apabila sudah menjadi kebiasaan. So, Let’s  Do It !

 

Sebenarnya, ada yang lebih penting dari kelima tips diatas agar target berat badan ideal anda tercapai dengan baik yaitu terapkan prinsip DKI (Disiplin Komitmen dan Intensif). Selamat mencoba! Jika sudah mencoba jangan setengah – setengah, buat kesehatan kok coba – coba. Cukup terapkan dan lanjutkan.

 

[Ditulis oleh N.K.Afdhaliya]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

1 Komentar

Nurul · 23/09/2018 pada 10:48 am

Lanjutkan teh tetap menginspirasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *