Basagita Community – Kata siapa kegiatan browsing hanya bisa dilakukan ketika terhubung dengan koneksi internet saja? Saat ini Google telah menambahkan fitur baru untuk pengguna Google Chrome Android. Tambahan fitur baru pada perangkat Android ini memungkinkan penggunanya untuk bisa melihat artikel secara offline.

 

Fitur terbaru di Google Chrome ini memungkinkan Anda dapat mengunduh konten apapun untuk bisa dibaca atau dinikmati secara offline. Konten yang dapat diunduh beragam, mulai dari berita, video, musik, hingga seluruh halaman web untuk dibaca di lain waktu. Saat Anda terhubung dengan internet atau WiFi tanpa batas, Chrome akan secara otomatis mengunduh artikel yang relevan berdasarkan konten yang paling populer di lokasi penggunanya. Tidak hanya itu, apabila pengguna masuk ke Chrome melalui akun pribadinya, ia juga akan menerima berbagai artikel yang relevan berdasarkan riwayat penelusuran.

Karena sudah terunduh, tentunya konten tersebut akan selalu tersedia kapanpun untuk diakses. Hal ini sangat bermanfaat ketika pengguna sedang berada di lokasi yang sulit mendapatkan jaringan internet, atau ketika sedang bepergian. Konten yang telah diunduh tersebut dapat Anda gunakan atau juga dibagikan ke teman. Seperti dilansir Android Central bahwa sebenarnya fitur offline ini sudah lama hadir di Chrome Canary (versi tidak stabil dari Chrome). Akan tetapi, sekarang sudah disertakan Google ke dalam Chrome versi stabil pada perangkat Android.

Untuk mengunduh konten media atau halaman web yang Anda inginkan caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menekan tombol “Download” dari menu bar tiap kali Anda membuka sebuah halaman atau menonton video. Akan tetapi, apabila koneksi internet tiba-tiba terputus ketika sedang membuka halaman web, Anda dapat menekan tombol “Download Page Later”. Dengan demikian akan membuat seluruh halaman tersimpan secara otomatis ketika sudah kembali terkoneksi dengan internet.

Konten yang sudah diunduh nantinya akan tersimpan dan dapat diakses lewat opsi “Downloads”. Selain itu, update terbaru Chrome juga akan dilengkapi fitur autocorrect teks serta peningkatan pencarian kontekstual dalam tampilan antarmuka.

 

Fitur offline dibuat Google dengan negara tujuan yang memiliki koneksi internet tidak stabil. Fitur ini sudah mulai dirilis ke beberapa negara di dunia dan telah dapat dinikmati di lebih dari 100 negara mulai dari Nigeria, India, Brasil, hingga Indonesia. Untuk dapat menikmatinya, cukup download atau update aplikasi Chrome melalui Google Play Store.

Dengan fitur baru ini, Anda tidak perlu khawatir ketika berada di lokasi dengan jaringan lambat atau tidak stabil. Selain itu, untuk Anda yang memiliki kuota terbatas tentunya akan sangat membantu untuk menghemat kuota. Penggunaan data internet akan lebih rendah jika setiap halaman disimpan dan dapat digunakan lagi secara berulang-ulang secara offline.

Hingga saat ini fitur offline baru bisa dinikmati oleh pengguna Android. Belum diketahui secara jelas kapan fitur ini akan ditambahkan pada perangkat iOS. Selamat mencoba pengalaman membaca artikel secara offline melalui fitur terbaru Google Chrome.

 

[Ditulis Oleh: Aprilia Rakhmawati]

 

Kategori: Uncategorized

Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *