Basagita Community –¬†Halo, Basagiters! Perhelatan olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018 kembali digelar. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyajikan acara opening ceremony yang sarat dengan berbagai budaya. Mulai dari tarian, dekorasi, musik, dan koreografinya menuai decak kagum semua yang menyaksikan gelaran tersebut. Acara ini jadi viral di beberapa media sosial karena konsep acaranya yang tradisional namun megah.

opening ceremony [breakingnews.id]

opening ceremony [breakingnews.id]

Ada hal yang paling unik dan cukup menarik dari rangkaian opening ceremony, Sabtu, 18 Agustus lalu, yaitu tarian yang berasal dari Aceh. Sekilas orang akan mengira tarian itu adalah tari Saman. Namun, sebenarnya tarian unik itu adalah tari Ratoh Jaroe. Gerakan antara tari Saman dan Ratoh Jaroe hampir sama.

Perbedaan Tari Saman dan Ratoh Jaroe

Tari Saman, umumnya dilakukan pria dalam jumlah ganjil, yang mengkombinasikan gerakan tepukan tangan dan dada. Tarian ini dipimpin oleh beberapa penari di bagian tengah. Dan murni diiringi syair yang dilantunkan para penari.

Tari Ratoh Jaroe, dilakukan oleh perempuan dalam jumlah genap. Gerakannya bervariatif dengan sedikit tepukan dada. Tarian ini dikendalikan dua orang yang duduk di luar formasi penari lainnya. Berbeda dengan tari Saman, Ratoh Jaroe diiringi musik eksternal.

opening ceremony {CNN}

opening ceremony {CNN}

Penampilan 1.600 penari Ratoh Jaroe yang berasal dari pelajar SMA se-DKI Jakarta, sangat memikat jutaan pasang mata yang menyaksikannya. Dengan berkonsep secara kolosal, balutan kostum yang menarik, opening ceremony Asian Games lalu menjadi perhelatan yang megah, indah yang penuh kearifan lokal. Semua ini dikemas dengan apik oleh seorang koreografer Denny Malik, alumni sanggar GSP (Guruh Soekarno Putra) Production.

Awal Diciptakan Tarian Ratoh Jaroe

Beberapa gerakan tari Saman hampir mirip dengan tari Ratoh Jaroe. Gerakan Ratoh Jaroe merupakan gabungan beberapa tarian tradisional Aceh. Tarian ini diciptakan untuk mengembalikan semangat warga Aceh pasca tsunami 2004 lalu. Tarian ini  dibentuk pada tahun 2008 lalu, dengan menggabungkan tarian Saman, Ratoh Doek, Ratoh Bantai, Ratep Meuseukat, dan Likoek Puloe.

Pakaian Tari Saman dan Ratoh Jaroe

Pakaian Tari Saman menggunakan adat Gayo. Dengan warna dasar hitam, pakaian ini dipadu-padankan dengan warna kuning, merah, dan hijau. Hiasan pada kepala menggunakan daun. Dan penari Ratoh Jaroe mengenakan baju polos lengkap dengan songket Aceh serta ikat kepala.

opening ceremony [acehtribunews]

opening ceremony [acehtribunews]

Saat opening ceremony lalu, setiap penari Ratoh Jaroe mengenakan beberapa lapis dan warna. Semua itu disatukan menggunakan velcro. Dan pergantian, bongkar pasang kostum itu harus dalam hitungan empat ketukan.

Semoga kemeriahan pembukaan Asian Games 2018 diikuti dengan prestasi para atlet Indonesia. Siapa kita? INDONESIA.

 

[Ditulis Oleh: winy_rifmawati]

 


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *