Di musim hujan seperti sekarang ini tubuh kita rentan terserang segala macam penyakit. Karena cuaca sangat kondusif untuk pertumbuhan bakteri dan virus. Karena itu, untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini. Mulailah mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, mengandung serat, tinggi protein, serta vitamin. Jangan lupa cek persediaan obat di rumah untuk antisipasi terjadinya sakit saat musim penghujan tiba.

Berikut ini, BASAGITA telah merangkum obat-obatan yang harus ada di rumah saat musim penghujan. Dengan persediaan obat di rumah, maka kamu tidak perlu khawatir dan panik saat tiba-tiba sakit.

Vitamin

Untuk pencegahan terhadap penyakit DBD, Batuk, Pilek, dan juga Diare, kamu memerlukan adanya Vitamin yang memelihara daya tahan tubuh. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin C dan juga B kompleks. Selain mengkonsumsi Vitamin kamu harus rajin mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Selain itu, kamu wajib minum air putih yang banyak dan berolah raga.

Obat penurun panas dan Pereda Nyeri

Di saat musim hujan, demam bisa saja melanda karena cuaca yang dingin. Jadi sediakan parasetamol untuk meredakan demam serta rasa nyeri. Bisa kamu berikan obat penurun panas seperti Paracetamol atau Ibuprofen sebagai pertolongan pertama jika ada anggota keluarga yang demam. Sebaiknya segera periksa ke Dokter jika demam tinggi (di atas 38 0C) tak kunjung reda selama tiga hari.

Obat Pereda gejala Flu (Batuk dan Pilek)

Cuaca dingin mampu membuat pertahanan tubuhmu melemah sehingga rentan terserang virus influenza. Sebagai pertolongan pertama, kamu wajib menyediakan obat flu untuk meredakan gejala seperti batuk dan pilek pada daftar persediaan obat di rumah. Ada banyak jenis obat pereda gejala flu yang bisa kamu dapatkan di apotek atau toko terdekat.

Obat gatal-gatal

Pada beberapa tempat, musim hujan disebut juga dengan musim banjir. Air banjir merupakan sumber penyakit karen kotor. Sehingga tidak jarang banyak yang mengalami keluhan gatal-gatal di kulit. Untuk itu, sediakan obat untuk mengatasi gatal-gatal di kulit, baik dalam bentuk bedak, salep, serta sabun.

Obat Pereda Diare

Saat banjir datang, biasanya akan kekurangan stok air bersih. Bahkan ada yang terpaksa menggunakan air kotor untuk kegiatan mencuci piring atau baju. Dengan keadaan yang tidak higienis maka kuman akan mudah masuk dan menyerang sistem pertahanan tubuh kamu. Selain itu air kotor yang mengandung bakteri juga dapat mengganggu sistem pencernaan dan menimbulkan infeksi di saluran pencernaan. Hal ini harus segera diatasi dengan menyediakan obat diare pada kotak persediaan obat di rumah.

Kotak P3K

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan biasanya berupa antiseptik, perban, obat merah, pembalut, plester, dan lain sebagainya. Sebagai upaya pertolongan pertama jika terjadi kamu mengalami luka-luka. Sebenarnya obat-obatan P3K juga wajib kamu miliki tidak hanya saat musim penghujan saja.

Obat Masuk Angin

Musim hujan yang dibarengi dengan angin kencang akan membuat tubuh riskan terkena masuk angin. Meskipun secara medis tidak menyebutkan adanya penyakit “masuk angin”, namun istilah ini sangat lazim merujuk pada gejala-gejala seperti perut kembung, mual, diare, nafsu makan berkurang, dan selalu merasa kedinginan. Sediakan selalu minuman hangat berupa jahe atau teh herbal untuk menghangatkan tubuh selain obat untuk masuk angin.

Nah, sudahkah kamu melengkapi persediaan obat di rumah? Obat-Obatan ini harus ada di rumah saat musim penghujan tiba. Agar kamu tidak perlu lagi bingung saat penyakit tiba-tiba datang. Jangan lupa untuk selalu cuci tangan sebelum makan serta konsumsilah makanan yang bergizi agar tubuh kamu selalu sehat. Semoga bermanfaat.


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *