Basagita Community — Akhir tahun sudah tiba! Kita hanya perlu menghitung mundur untuk dapat menikmati liburan akhir tahun. Tentu sudah banyak Basagiters yang merencanakan liburan, bukan?

Liburan akhir tahun tidak hanya dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Lebih dari itu. Beberapa menganggap libur akhir tahun sebagai bentuk pelepasan semua hal-hal yang menegangkan sepanjang tahun. Tidak sedikit yang memanfaatkan liburan akhir tahun sebagai pelepasan diri dari hal-hal yang tidak menyenangkan atau bahkan perayaan atas pencapaian sepanjang tahun.

Sebelum melakukan liburan, tentu banyak hal yang perlu Basagiters persiapkan, diantara adalah:

Tempat Liburan

pict from https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Jembatan-Cinta-Tidung-Island1.jpg

Hal yang paling utama dipersiapkan adalah dimana akan menghabiskan liburan. Tempat menjadi sangat penting untuk didiskusikan. Pemilihan tempat liburan haruslah memperhatikan kenyamanan dan keamanan anggota keluarga. Apakah akan menghabiskan waktu di pantai atau daerah pegunungan?

Akomodasi

pict from http://medan.tribunnews.com/2016/10/05/seakan-mobil-pribadi-dua-anggota-dprd-siantar-ini-gunakan-mobil-dinas-dengan-pelat-hitam

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah akomodasi. Baiknya Basagiters mulai memesan akomodasi baik berupa bus, pesawat, penginapan atau akomodasi lainnya jauh-jauh hari sebelum liburan. Biasanya akan sulit mendapatkan akomodasi yang sesuai jika melakukan reservasi mendekati waktu liburan.

Kacamata

pict from https://lifestyle.kompas.com/read/2017/02/02/175550423/dua.tahun.batas.maksimal.penggunaan.kacamata.hitam

Kacamata merupakan benda pendukung yang keberadaannya cukup penting. Selain untuk gaya-gayaan, Basagiters juga bisa memanfaatkan kacamata sebagai pelindung mata. Sebab kesehatan mata itu sangat penting,loh.

Kamera

pict from https://www.idntimes.com/tech/gadget/indra/tips-agar-tak-menyesal-beli-kamera-mirrorless-untuk-pemula

Tidak sah rasaya liburan tanpa mengabadikannya. Apalagi di zaman milenial seperti ini, semua hal perlu untuk didokumentasikan. Tidak terkecuali moment liburan bareng keluarga.

Obat-obatan

pict from https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/daftar-p3k-obat-liburan/

Jika Basagiters berencana pergi berlibur ketempat-tempat yang cukup jauh, alangkah pentingnya turut mempersiapkan obat-obatan ringan. Beberapa diantaranya seperti antimo, obat sakit kepala dan minyak angin. Terlebih jika Basagiters memiliki anak. Kondisi perjalanan selalu tidak terduga.

Anggaran Liburan

pict from http://wartakota.tribunnews.com/2017/08/15/begini-mengatur-anggaran-liburan-agar-tidak-jebol

Sebelum semua hal di atas Basagiters persiapkan, sangat wajib hukumnya menganggarkan pengeluaran selama liburan. Hal ini bertujuan agar pos-pos belanjaan untuk sebulan kedepan tidak kacau. Pastikan tidak berhutang demi bisa berlibur bareng keluarga ya.

 

Liburan yang menyenangkan adalah liburan yang dipersiapkan. Beberapa hal yang dipersiapkan jauh hari selalu lebih baik. Sebelum liburan akhir tahun tiba, Basagiters mungkin bisa mempersiapkan beberapa poin di atas. Selamat mempersiapkan liburan.

 

 

[Ditulis oleh Ayu Muchtar]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *