Basagita Community — Basagiters! Tagihan listrik merupakan salah satu pos yang lumayan menguras porsi uang bulanan. Hampir seluruh aspek dalam kehidupan sehari-hari menggunakan sumber daya listrik. Rasanya akan sangat sulit, bila hidup tanpa listrik. Berbagai cara pun sudah dlakukan untuk dapat hemat listrik.

Sebagian besar peralatan di rumah menggunakan sumber tenaga terbarukan ini. Bila satu jam saja PLN mematikan pasokan listrik, bisa dipastikan banyak orang bakal kalang kabut. Namun, di sisi lain, keadaan ini membuat pengeluaran biaya listrik membengkak.

Untuk menyiasati hal ini, berikut tips penggunaan 7 alat elektronik yang bisa dicoba agar hemat listrik dan hemat biaya alokasi listrik.

Lampu

pict from Sains Kompas

Biasakan mematikan lampu saat tidak digunakan. Ajarkan juga pada buah hati untuk senantiasa memadamkan lampu bila meninggalkan ruangan. Pakailah lampu hemat energi dan kurangi pemakaian lampu pijar.

Rice Cooker

pict from shutterstock.com

Gunakan ukuran rice cooker yang sesuai kebutuhan, jangan terlalu besar atau kecil. Masaklah nasi secukupnya dan mendekati waktu makan, jadi setelah matang bisa langsung dimatikan. Biasakan memasak nasi sesuai jumlah orang saja.

Kulkas

pict from https://www.sharp-indonesia.com/ind/article/detail/480/plus-minus-kulkas-bottom-freezer

Hindari sering membuka-tutup dan pastikan selalu menutup pintu kulkas dengan rapat. Secara berkala, bersihkan kondensor dan isi kulkas secukupnya saja.

Mesin Cuci

pict from https://www.jakmall.com/computindo/cover-mesin-cuci#1571040284157

Usahakan mencuci setelah baju kotor agak banyak, jadwalkan mencuci 2-3 kali dalam seminggu. Isi mesin sesuai kapasitasnya, dan baca petunjuk penggunaan air. Kurangi menggunakan mesin pengering, bila memungkinkan, jemurlah baju tanpa dikeringkan.

Setrika

pict from https://www.jakmall.com/computindo/cover-mesin-cuci#1571040284157

Jangan terlalu sering menyalakan alat yang satu ini. Setrikalah baju ketika sudah terkumpul agak banyak. Sesudah disetrika, baju bisa digantung untuk mengurangi kain menjadi kusut. Jadwalkan juga menyetrika baju 2-3 kali seminggu.

Komputer

pict from http://ictwatch.com/internetsehat/2013/08/27/google-kembangkan-fitur-parental-control-untuk-chrome/

Matikan komputer setelah selesai, jangan meninggalkannya dalam keadaan stand by. Posisi ini tetap akan menyedot penggunaan tenaga listrik. Atur wallpaper dengan warna gelap, untuk brightness dan contrast pilih yang paling rendah. Atur penggunaan komputer dan gunakan stop kontak bersaklar untuk memudahkan on off.

AC atau Air Conditioner

pict from https://tokoonline88.com/kipas-angin-ac-split-kipas-angin-modern-dengan-remote/

Alat pendingin ruangan adalah salah satu peralatan yang membutuhkan daya listrik besar. Nyalakan saat akan digunakan saja. Jangan meninggalkan ruangan tanpa mematikan AC bila akan pergi dalam waktu lama. Gunakan timer dan atur suhu antara 24-27 derajat celcius, karena semakin dingin akan membutuhkan daya listrik semakin besar.

Secara berkala, bersihkan AC. Yang paling penting, gunakan kapasitas AC yang sesuai dengan volume ruangan. Bila ruangan besar menggunakan AC kapasitas setengah PK, akan membuat AC bekerja keras dan membutuhkan daya listrik yang tak sedikit.

Bijak dalam menggunakan peralatan elektronik akan menghemat pemakaian listrik. Selain bisa memangkas pengeluaran, juga akan membantu program pemerintah untuk meminimalisasi kebutuhan pasokan listrik. Bagaimana Basagiters, siap mulai berhemat?

 

 

[Ditulis oleh NCSuryani]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *