Basagita Community — Awal tahun 2019 merupakan masa yang sulit bagi para olshoper. Bagaimana tidak? Dampak dari naiknya tarif kargo per Oktober bulan lalu berimbas pada mahalnya ongkos kurir atau jasa pengiriman barang yang kerap kali mereka gunakan untuk mengantarkan pesanan konsumen. Kenaikan tarif ongkos kurir dinilai tidak sebanding dengan pelayanan yang diberikan. Dengan kenaikan tarif kargo udara ini DPP Asosiasi Perusahaan Jasa Perngiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia atau Asperindo membuat sebuah usulan ntuk menaikan tarif sebesar 20 hingga 50 persen.

Besarnya kenaikan tarif ongkos kurir di awal tahun 2019 ini membuat sebagian pengguna jasa merasa dirugikan karena tidak sebanding dengan pelayanan yang mereka berikan. Namun, karena pesatnya perkembangan bisnis online yang saat ini terjadi membuat sebagian orang yang berada dalam lingkungan bisnis online shop mau tidak mau menerima keputusan yang berlaku. Sebagai pengusaha bisnis online, Basagiters wajib tahu jenis jasa pengiriman barang yang bisa digunakan untuk membantu bisnis online agar lancar.

pict source by Google – Infodigimarket

Jenis jasa pengiriman barang terbagi menjadi dua, yakni pengiriman barang secara langsung dan pengiriman barang secara tidak langsung. Untuk lebih jelasnya akan Basagita uraikan sebagai berikut ini :

Pengiriman Barang Langsung

Pengiriman barang jenis ini merupakan pengiriman barang yang bertujuan mengirimkan barang secara instan atau hanya dalam hitungan jam barang telah sampai ke tangan konsumen. Jasa pengiriman barang ini akan membantu Anda dalam mengirimkan barang kepada pelanggan dengan cepat pada hari yang sama. Untuk bisa menikmati jasa pengiriman langsung, Basagiters bisa menggunakan beberapa perusahaan pengiriman barang seperti:

Go Send & Go Box

Salah satu layanan on-demand dari aplikasi Go-Jek ini bisa Anda jadikan pilihan saat akan melakukan pengiriman barang dengan jarak yang dekat. Anda bisa menggunakan jasa pengiriman ini hanya dengan menggunakan smartphone dan memesan jasa Go-Send. Lalu barang akan diantarkan dengan cepat kepada pelanggan menggunakan sepeda motor. Mudah bukan?

Grab Expres

Meskipun tarif ongkos kurir per 2019 naik, jasa pengiriman langsung dari perusahaan yang berasal dari Malaysia tetap memberikan pelayanan terbaiknya. Sama halnya dengan Go-Send, Grab Ekspres juga menyediakan jasa pengiriman barang dalam jarak yang dekat. Bukan hanya itu, perusahaan yang satu ini menjamin kualitas pengiriman yang terpercaya dan pastinya murah.

 

Jasa Pengiriman Barang Tidak Langsung

Pengiriman tidak langsung merupakan salah satu jenis pengiriman yang akan memakan waktu sedikit lebih lama. Ada beberapa jasa logistik yang menyediakan layanan sampai dengan cepat atau ekspress namun tentu dengan tarif yang lebih mahal. Selain itu, barang harus dibawa menuju kantor cabang terlebih dahulu. Hal ini tentu akan sangat merepotkan bukan? Tak perlu risau, Basagita memiliki referensi jasa pengiriman barang yang melayani penjemputan barang sehingga memudahkan anda dalam menjalankan bisnis online shop yang anda miliki.

JNE Ekspres

Jasa pengiriman barang yang pertama adalah JNE. Seperti kita ketahui, jika jasa pengiriman barang yang satu ini merupakan jasa pengiriman yang paling banyak digunakan oleh para olshoper. Jasa yang ditawarkan dari perusahaan pengiriman ini juga sangat beragam, sehingga bisa diseuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, kantor pengiriman JNE yang tersebar di seluruh kota yang ada di Indonesia memudahkan Anda dalam mengirimkan barang pada konsumen.

Pos Indonesia

Peruahaan jasa kirim barang yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan masih bertahan hingga saat ini, yakni Pos Indonesia. Perusahaan ini mulai beroperasi sejak tahun 1746, dan hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan jasa pelayanan pengiriman barang melalui Pos Indonesia. Kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan yang satu ini adalah tarif ongkos kurir yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jasa pengiriman lainnya.

J&T

Perusahaan jasa pengiriman barang yang bisa Basagiters gunakan selanjutnya adalah perusahaan pengiriman baru,J&T meskipun perusahaan ini baru beroperasi beberapa tahun yang lalu, namun kualitas pengiriman yang diberikan oleh perusahaan ini tidak kalah dengan jasa pengirman barang yang terlebih dahulu ada di Indonesia. Salah satu keunggulan dari perusahaan ini adalah adanya pelayanan penjemputan barang gratis untuk diantarkan kepada pelanggan. Dngan pelayanan yang terbaik, maka tarif harga ongkos kurir J&T sebanding dengan pelayanan yang diberikan.

 

 

[Ditulis oleh Elly Almayra]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *