Basagta Community — Kehamilan merupakan masa yang paling ditunggu oleh setiap wanita. Namun pada masa ini sebagian wanita akan merasakan beberapa gangguan, baik itu morning sickless, nafsu makan berkurang atau gangguan pencernaan yang kerap terjadi. Gangguan pencernaan yang dialami ibu hamil  bisa berupa diare atau juga sembelit. Bahkan ada sebagian ibu hamil yang mengalami perut kembung dan begah sehingga aktivitas akan terganggu.

Kebiasaan buruk saat makan bisa menjadi faktor utama yang menyebabkan terjadinya masalah pencernaan. Misalnya saja dengan tidak cukup menguyah saat makan, maka sebelum melakukan aktivitas berat dan makan di malam hari. Jika Basagiters melalukan hal tersebut bisa menyebabkan produksi enzim pencernaan yang tidak cukup sehingga timbul masalah gangguan pencernaan.

Ada lima tips mengatasi masalah pencernaan pada ibu hamil yang bisa Basagita sampaikan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Hindari makanan yang pedas dan berlemak

pict from Hartono Mall Solo

Tips pertama adalah dengan menghindari jenis makanan yang mengandung lemak berlebih dan makanan yang memiliki rasa pedas. Bagi ibu hamil, biasanya akan menginginkan berbagai makanan yang mampu membangkitkan selera makan. Namun sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang berlemak, pedas dan gorengan guna menghindari masalah pencernaan yang mengintai. Usahakan mengonsumsi makanan yang memiliki serat dan bernutrisi tinggi seperti buah dan sayuran hijau.

Makan dalam porsi sedikit namun sering

pict from m.money.id

Cara mengatasi masalah pencernaan selanjutnya adalah dengan mengatur porsi makan pada ibu hamil. Sangat disarankan untuk makan sebanyak 5-6 kali dalam satu hari namun dalam porsi yang kecil. Dengan mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit namu sering, asal lambung tidak akan naik dan bisa dipastikan terhindar dari rasa mual dan perih yang kerap ibu hamil alami. Jangan terpengaruh dengan mitos yang mengatakan jika ibu hamil harus makan yang banyak, karena harus memenuhi nutrisi dua orang sekaligus. Makanlah dengan porsi secukupnya saja, guna menghindari masalah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Perhatikan waktu makan

pict from Titiknol

Langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu makan. Bagi bu hamil rasa lapar bisa datang kapan saja, tidak terkecuali pada waktu larut malam. Untuk menghindari masalah pencernaan seperti perut begah dan sulit tidur, sebaiknya Anda membatasi waktu makan hanya sampai sore hari. Jika pada saat larut malam terasa lapar, konsumsi camilan berupa buah segar dan hindari mengonsumsi makanan berat.

Mengonsumsi yogurt dan susu

pict from Suara.Com

Susu dan yogurt merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki manfaat terbaik bagi ibu hamil dalam hal menjaga sistem pencernaan. Mengonsumsi dua jenis minuman ini juga sangat dianjurkan, pasalnya kandungan protein, kalsium dan nutrisi yang terdapat pada susu dan yogurt mampu membantu melancarkan cara kerja pencernaan agar tidak mengalami gangguan.

Selalu memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi

Langkah terakhir adalah dengan selalu mengingat makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap harinya. Dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, Anda bisa segera mengetahui penyebab dari masalah penceraan yang terjadi sehingga di lain kesempatan bisa menghindari jenis makanan tersebut.

Untuk orang  biasa mungkin masalah pencernaan bisa diatasi dengan mudah melalui obat-obatan. Namun, hal itu tidak berlaku bagi ibu hamil. Pasalnya jika ibu hamil mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, bisa mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Untuk itu, cara pencegahan yang paling tepat adalah melalui makanan yang masuk dalam tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat dan mengandung nutrisi yang tinggi, agar kehamilan bisa berjalan dengan lancar hingga persalinan tiba.

 

[Ditulis oleh Elly Almayra]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *