Basagita Community — Teras merupakan salah satu bagian penting dalam eksterior rumah, menurut kamus besar teras memiliki artian tanah bidang atau lantai datar yang berlokasi di depan rumah. Dengan letak yang lebih tinggi daripada lantai lainnya, atau lantai depan rumah yang dikelilingi tempat berjalan kaki. Bisa juga memiliki artian atap rumah yang datar pada rumah yang memiliki dua lantai.

pict from. Hidupsimple

Bagi masyarakat khususnya orang Indonesia teras memiliki peran yang sangat penting. Karena melalui teras kita bisa melihat kepribadian dari pemilik rumah, teras juga memiliki beberapa manfaat lain seperti penghubung halaman dan ruang pertama dalam sebuah rumah, tempat untuk bercengkrama antar keluarga, tempat menjamu tamu, dan juga sebagai tempat pertama sebelum memasuki rumah.

Teras memiliki dua jenis, yaitu teras belakang dan teras depan. Teras bagian belakang rumah biasanya digunakan untuk bercengkrama dan mengobrol ringan bersama keluarga. Untuk teras bagian depan biasanya digunakan sebagai tempat pertama menerima tamu. Mengingat pentingnya sebuah teras, menjadikan desain teras  rumah wajib untuk diperhatikan dan juga dipikirkan. Untuk mendapatkan teras yang menarik dan nyaman saat digunakan, Basagiters wajib memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Pemilihan lantai

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah pemilihan lantai yang akan digunakan untuk bagian teras. Anda bisa menggunakan papan kayu yang memiliki kelembapan tinggi serta tahan terhadap suhu ekstrim.  Untuk warna bisa disesuaikan dengan keinginan dan selera. Bagian terpenting adalah pelapis yang bisa membuat kayu semakin tahan terhadap cuaca eksternal.

2. Pemilihan furnitur

Sebaiknya desain teras rumah dengan pilihan furnitur yang tepat. Gunakan bentuk yang simpel dan tidak banyak ornamen untuk furnitur teras bagian depan. Hindari penggunaan furnitur yang bercorak penuh dan rumit karena akan membuat penampilan teras terkesan kurang indah dan berlebihan. Furnitur yang berlebihan membuat teras akan terlihat sempit dan berantakan. Gunakan meja yang berukuran tidak terlalu besar untuk memberikan kesan ruang yang lebih luas. Selain itu warna furnitur juga memiliki pengaruh pada teras rumah Anda, gunakan warna-warna yang cerah.

3. Gunakan furnitur yang tahan cuaca

Pastikan Anda menggunakan furnitur untuk bagian teras yang lebih kuat dan tahan terhadap pengaruh cuaca di luar ruangan. Gunakan furnitur yang lebih kuat dibandingkan perabot yang Anda gunakan untuk interior rumah. Meskipun teras rumah memiliki atap, pertimbangkan pemilihan furnitur yang tahan terhada paparan sinar matahari langsung dan hujan.

4. Gunakan pernak-pernik tambahan

Untuk mendapatkan teras rumah yang nyaman dan menarik, pastikan Anda menggunakan pernak-perik tambahan guna menyokong keindahan teras rumah. Misalnya saja dengan memasangkan taplak dengan motif yang indah, lalu meletakkan beberapa pot kecil. Anda juga bisa menempatkan beberapa toples yang berisi camilan di atas meja.

5. Gunakan material batu alam

Untuk mendapatkan kesan yang nyaman saat digunakan untuk berbincang santai dengan keluarga, Anda bisa mengaplikasikan material batu alam. Dengen menempatkan beberapa batu alam pada desain teras baik itu bagian depan atau belakang rumah, teras akan terlihat lebih natural. lebih alami dan pastinya lebih segar.

pict from. desain-minimalis.com

Beberapa tips di atas bisa Basagiters gunakan untuk mendapatkan teras dengan gaya minimalis namun akan terlihat cantik dan menarik. Bukan hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kenyamanan saat berkumpul bersama dengan keluarga atau saat ada tamu yang berkunjung ke rumah.

 

[Ditulis oleh Elly Almayra]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *