Basagita Community — Bagi sebagian orang atau bahkan kamu Basagiters, peran seorang asisten rumah tangga ternyata cukup mencuri perhatian, bukan? Karena tugas mereka membantu kamu untuk meringankan pekerjaan rumah tangga. Selain itu, bagi para perantau yang jauh dari orangtua, tugas ART juga bisa membantu mengasuh anak ketika ditinggal bekerja oleh kedua orang tuanya.

Ada kalanya asisten rumah tangga harus pergi meninggalkan pekerjaannya untuk pulang ke kampung halamannya karena berbagai sebab. Mereka akan pergi selama beberapa waktu. Bagi para keluarga yang ditinggal mudik oleh ART-nya, kamu tidak perlu panik karena Basagita akan memberikan tips-tipsnya. Diantaranya adalah:

Buat daftar pekerjaan yang biasanya dilakukan ART

Buatlah kegiatan yang biasa dikerjakan oleh ART, sebelum mereka pergi! (Shedomestic.com)

Kamu bisa menuliskan daftar pekerjaan yang dilakukan ART, lalu pilahlah pekerjaan tersebut berdasarkan urgensinya. Pilahlah pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari dan pekerjaan yang bisa ditunda penyelesaiannya. Misalnya, menyapu dan mengepel bisa dikerjakan setiap hari. Sementara membersihkan kamar mandi bisa dilakukan dua hari sekali. Mencuci baju pun bisa dilakukan dua hari sekali. Jika tidak memungkinkan untuk mencuci, anda bisa memasukkan baju kotor ke jasa laundry.

Melibatkan seluruh anggota keluarga untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Lakukan kerja bakti dengan melibatkan seluruh anggota keluarga di dalam rumah (Dokterku)

Kamu juga bisa meminta bantuan kepada anggota keluarga untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, termasuk melibatkan anak-anak. Berikan pekerjaan ringan yang bisa dilakukan anak kecil, misalnya membantu mengelap meja yang kotor dan membereskan mainan. Untuk anak yang lebih besar, berikan pekerjaan rumah yang lebih berat sesuai umur dan kemampuannya. Dengan melibatkan anak-anak untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, secara tidak langsung kamu juga mengajarkan life skill dan kemandirian kepada mereka.

Menyetok bahan makanan

Menyetok makanan didalam kulkas saat ART sedang mudik (ResepKoki)

Mungkin selama ini tugas belanja untuk keperluan memasak kamu percayakan pada ART. Saat mereka mudik, kamu yang menggantikan tugas mereka berbelanja. Saat berbelanja kebutuhan untuk memasak, kamu bisa menyetok berbagai bahan makanan seperti sayuran, ikan, ayam, telur, daging, dan lain-lain lalu menyimpannya di kulkas agar tidak bingung jika akan memasak.

Memasak hidangan yang mudah dan praktis

Mulailah belajar memasak hidangan yang mudah untuk keluarga di rumah (Hipwee)

Jika selama ini memasak adalah tugas ART, saat mereka mudik menjadi saat yang tepat bagi kamu untuk mulai mencoba aneka resep yang mungkin selama ini hanya disimpan. Mulailah belajar memasak hidangan yang mudah, membuat tumis misalnya. Kamu juga bisa membuat lauk yang tahan lama dan bisa disimpan di kulkas sehingga tinggal menggoreng atau dikukus jika akan dibutuhkan. Misalnya membuat ayam ungkep atau membuat nugget. Jika memungkinkan, kamu bisa membuat daftar menu masakan yang akan dibuat selama seminggu misalnya, untuk memudahkan pilihan ketika akan memasak.

Menyewa jasa cleaning service

Sewa jasa cleaning service bila kepadatan waktu tidak dapat diatur (Betterup.se)

Jika kesibukan tidak memungkinkan anda untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, kamubisa menyewa jasa cleaning service untuk membantu mengerjakannya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan Basagiters saat ditinggal mudik oleh asisten rumah tangga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

[Ditulis Oleh Apriliana Kuntorowati]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *