Basagita Community — Hai, Basagiters! Tahukah kamu mengenai Kapal Legundi yang ada di Pulau Lombok? Kapal Legundi sudah ada sejak tahun 2016 dan sudah resmi berlayar dengan trayek khusus Surabaya-Lombok. Mengingat biaya transportasi menuju lombok cukup mahal, maka dengan harga tiket yang terbilang sangat murah, kapal ini menjadi satu pilihan yang menarik bagi para backpacker yang ingin traveling ke Lombok khususnya yang berasal dari pulau Jawa.

Berbicara tentang Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Legundi ini tidak lengkap rasanya bila tidak melihat-lihat fasilitas di dalamnya. Kapal Legundi ini mempunyai kapastias penumpang kurang lebih 500 orang (max 810), 26 truck kontainer, 37 truck medium dan 77 mobil sedan/SUV. Kapal Legundi memilki fasilitas seperti kapal besar pada umunya.

Terdapat ruang executive dengan kapasitas 140 orang dan ruang ekonomi dengan kursi baringnya tersedia 324 buah. Kedua ruangan ini masing-masing sudah be-AC. Kemudian ditambah ruang VIP yang hanya berkapasitas 14 orang saja dengan harga yang menyesuaikan. Selain itu pada ruang kafetaria juga mampu menampung 98 orang dan dek terbuka 232 orang. Fasilitas lainya terdapat mushola yang cukup besar.

Bagi para penumpang yang tidak mendapat tempat duduk maka disedikan kasur gratis. Terdapat juga ruang khusus untuk ibu menyusui dan ketersediaan toilet yang cukup memadai. Di sana juga terdapat fasilitas charger hp dengan biaya Rp5000,- saja.

Berbicara lama perjalanan kapal yang  dibuat oleh PT. Dhumas Tanjung Perak Shipyard ini mampu melaju hingga 17 knot atau rata-rata 15 knot. Dengan begitu jarak sejauh 311mil laut dari Surabaya ke Lombok dapat ditempuh kurang lebih 20 jam dengan waktu tercepatnya 19 jam dan terlama 21 jam.

Jadi Basagiters yang berminat menggunakan moda transportasi masal ini harus menyiapkan bekal yang cukup agar dalam perjalanan tetap terjaga makannya. Tapi jangan khawatir bila tidak sempat membeli makanan, karena kapal yang lebih dikenal  dengan nama KMP Legundi ini sudah termasuk makan sebanyak 2 kali (tambahan biaya tiket Rp30.000,-) yang pengambilanya tersedia di ruang kafetaria pada tiap jam makan.

Basagiters pasti penasaran berapa harga tiket kapal yang baru beroperasi satu unit ini? Sejak tahun 2018, tiket untuk orang dewasa tanpa makan hanya dikenakan Rp87.000,- dan Rp62.000,- untuk anak. Jika ada yang bawa kendaraan pribadi seperti R2 dikenakan Rp117.000,- di bawah 250cc (free tiket 1 orang dewasa) dan R4 Rp1.385.000,- (free tiket semua penumpang di mobil). Dan bila ingin tambah tiket makan maka akan dikenakan Rp15.000,- per satu kali makan.

Perjalanan nikmat kantong hemat menjadi alasan menarik bagi para pelancong yang hendak bepergian ke pulau Lombok dengan modal transportasi ini. Selamat menikmati perjalanan dengan kapal Legundi Basagiters.

 

 

[ Ditulis oleh Zulfi ]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

1 Komentar

nugroho · 20/07/2018 pada 4:15 pm

untuk jam & hari keberangkatan nya menuju lombok
jam berapa?
hari apa?
dan lokasi nya dimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *