Basagita Community — Museum saat ini sedang banyak digandrungi oleh masyarakat loh ternyata, Basagiters! Selain karena manfaatnya yang sangat edukatif untuk anak-anak, ternyata waktunya pun tepat pada saat anak-anak liburan sekolah. Ada banyak sekali museum di dunia ini, tapi kurang menarik bila hanya membahas isi museum yang hanya berisikan benda-benda peninggalan sejarah saja, bukan? Karena nyatanya, ada beberapa museum unik dan aneh yang ada di belahan dunia lainnya. Tertarik untuk tahu? Yuk simak beberapa museum yang unik bahkan aneh yang ada di dunia. Berikut ulasannya:

5 Museum Unik yang Ada di Belahan Dunia

1. Sulabh International Museum of Toilet

pict source by Google (Sulabh International Museum of Toilets)

Siapa sangka bahwa toilet pun diabadikan menjadi konsep sebuah museum. Sulabh International Museum of Toilet adalah perwujudan dari salah satu museum unik.

Bangunan ini pertama kali dibuka pada tahun 1992 di Kota New Delhi, India. Sulabh International Museum of Toilet merupakan satu-satunya museum toilet di dunia.

Museum unik ini menampilkan segala sesuatu yang bersinggungan dengan toilet seperti lukisan, foto dan gambar. Sulabh International Museum of Toilet juga memajang beragam toilet, dari yang tradisional hingga yang paling modern dari berbagai belahan dunia. Mulai dari yang masih memakai batu bata hingga yang elektronik, lengkap ditampilkan di sini.

2. Avanos Hair Museum

pict source by Google (Avanos Hair Museum)

Pemilik museum unik ini adalah Chez Galip yang merupakan seorang pengusaha gerabah sukses di Avanos, Cappadocia, Turki. Museum ini merupakan museum rambut.

Ide pembangunan museum ini bermula dari seorang temannya yang ‘menghadiahkan’ potongan rambutnya untuk dijadikan kenang-kenangan. Kemudian kebiasaan ini ‘menular’ pada pengunjung tokonya yang lain. Mereka ikut menyumbangkan rambutnya. Sampai kini sudah ada lebih dari 16.000 rambut yang dikirim dari seluruh penjuru dunia.

Setiap rambut yang dikirim mempunyai label nama, alamat dan nomor kontak si empunya rambut. Bagian yang paling menarik adalah, setiap bulan Juni dan Desember, Galip akan memilih 10 rambut dan orang-orang yang rambutnya terpilih itu akan memenangkan hadiah berlibur dan belajar membuat gerabah di Cappadocia.

3. Burnt Food Museum

Burnt Food Museum adalah museum unik yang memamerkan makanan. Tetapi jangan bahagia dulu, karena ternyata makanan yang dipajang di museum ini adalah makanan gosong dan gagal produksi.

Adalah Deborah Henson Conant, si ‘pengepul’ makanan untuk dipamerkan di museum unik ini. Tak hanya makanan seperti roti panggang, bagel dan wafer yang hangus. Namun ada juga lemon panggang dan jeruk yang sudah mengkerut.

Pengunjung tidak bisa selalu datang ke museum ini karena tempat ini hanya dibuka beberapa kali dalam setahun di Virginia, Amerika Serikat.

4. Museum of Bad Art

Dari nama museum, sudah bisa tertebak dengan jelas konsep yang ditawarkan. Jika biasanya museum memajang karya seni yang bagus, maka museum unik yang satu ini justeru melakukan hal sebaliknya.

Museum of Bad Art (MOBA), Massachussets, Amerika memajang karya seni terburuk yang pernah ada.

Museum ini resmi dibuka pada tahun 1993, namun baru bisa dikunjungi dan terbuka secara umum untuk wisatawan pada tahun 1994. MOBA terletak di tiga kota, antara lain Deadham, Somerville dan Brookline.

Tak kurang dari 600 karya seni terdapat di museum unik ini. Tapi seringnya yang dipamerkan hanya berkisar 50-70 karya saja dengan cara bergiliran dan sedikit deskripsi. Karya yang dipamerkan bertujuan untuk menghargai si pemilik karya dan diharapkan bisa menginspirasi dan menghibur pengunjung museum.

5. Museum Cryptozoology

Museum unik ini digagas oleh Loren Coleman yang merupakan seorang ahli cryptozoology. Museum Cryptozoology adalah museum hewan. Namun menjadi unik dan aneh, hewan yang ada dalam museum ini tidak nyata alias belum terbukti kebenarannya. Hewan itu antara lain adalah putri duyung, yeti, pegasus dan hewan yang dianggap mitos lainnya.

Museum unik ini terletak di Maine, Amerika Serikat. Museum ini berisi replika,artefak dan spesimen yang bersinggungan dengan hewan-hewan mitos.

 

Itulah 5 Museum unik, aneh tetapi nyata adanya. Semoga informasi ini menambah wawasan dan pengetahuan para Basagiters di rumah.

 

[Ditulis oleh: Syefrianidar]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *