Basagita Community – Basagiters pasti pernah mendengar kata ‘ski’, bukan? Pasti kalian membayangkan olahraga di tengah hamparan salju yang luas.  Tapi, olah raga unik ini mengambil tempat di hamparan lumpur lahan persawahan warga. Lomba ski lumpur ini diadakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Dinamakan ski lumpur karena memang cara bermainnya seperti ski pada umumnya. Pemainnya menyusuri lumpur di lahan yang telah di sediakan, menggunakan papan luncur yang terbuat dari kayu berukuran 1,5 meter x 0,5 meter. Cara kerjanya adalah dengan mengayuhkan salah satu kaki ke lumpur. Selanjutnya didorong ke depan dengan sekuat tenaga agar meluncur sejauh-jauhnya hingga mencapai finish.

Asal mula diadakannya lomba Ski Lumpur

ski lumpur {halimah]

ski lumpur {halimah]

Asal mula diadakannya lomba ini adalah keinginan dari Kepala Desa Pepe Bapak Nur Hidayat untuk mengangkat mata pencaharian sebagaian warga desa diantaranya para pekerja tambak, sawah, maupun nelayan kerang. Lomba ini diadakan di Rt 1 Rw 1 desa Pepe dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 Desa Pepe kecamatan Sedati kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Ski lumpur ini dimainkan di atas papan luncur sepanjang 1,5 meter dan lebar 0,5 meter. Cara memainkan ski lumpur ini tidak seperti mengayuh sepeda. Diperlukan teknik khusus untuk memainkannya. Yakni peserta dengan posisi jongkok memegangi papan seluncur dengan dua tangan. Teknik tidak jauh beda, sama-sama mengayuhkan kaki di lahan yang berlumpur. Hanya saja ini dikayuh di sawah yang telah di persiapkan oleh panitia lomba.  

Filosofi dalam permainan Ski Lumpur

ski lumpur [youtube]

ski lumpur [youtube]

Ketenangan, kecepatan dan keseimbangan adalah kunci utama dalam bermain ski lumpur ini. Ini terlihat dari pemenang lomba ski lumpur kali ini. Selama bermain dia sangat tenang memainkannya. Ini bisa dikaitkan dengan para nelayan dalam mengarungi lautan yang rentan bahaya. Ketenangan diperlukan dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin dihadapinya ketika berada di medan pencarian nafkah. Kecepatan diperlukan dalam mengambil keputusan jika menghadapi masalah di lautan juga kecepatan fisik dalam menaggulanginya. Sementara keseimbangan berarti seorang nelayan harus mampu menyeimbangkan emosi jiwanya ketika berada di lautan.

Perlombaan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Bagi peserta ski lumpur juga dapat dikatakan olah raga untuk melatih kekuatan otot dan kaki serta melatih keseimbangan badan. Sedangkan bagi masyarakat merupakan sarana wisata gratis melepas penat. Ini terbukti semua warga berbondong-bondong menyaksikan perlombaan ini. Juga bisa dimanfaatkan sebagian warga mencari penghasilan tambahan dengan berjualan di sekitar area penonton ski. Yang paling penting adalah sarana silaturrahim antar seluruh warga desa dan aparat desa.

Nah seru ‘kan Basagiters? Buat kalian yang penasaran dengan lomba ini bisa mengunjungi desa Pepe tahun depan. Karena menurut penuturan Kepala Desa Pepe, lomba ski lumpur tahun depan akan diadakan lagi.

[Ditulis Oleh: Halimah Sadiyah]

 


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *