Basagita Community — Bulan Oktober, bulan eliminasi kaki gajah. Mungkin masih banyak diantara kita yang masih bingung, apa sih kaki gajah itu? Dan berikut ini Basagita akan mengulas sedikit mengenai   kaki gajah. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Basagiters.

Apa itu Kaki Gajah?

Source by. Hellosehat.com

Penyakit kaki gajah atau dalam istilah medis disebut filariasis, Penyakit ini disebab oleh infeksi satu atau dua jenis Cacing Filaria, dari golongan Wuchereria bancrofti atau Brugia malayi. Cacing ini terdapat diderah tropis dan subtropis.

Cacing ini masuk kedalam tubuh kita memalui gigitan nyamuk, yang menghisap darah pada malam hari. Microfilaria yang masuk kedalam tubuh kita, menuju pembuluh darah dan limfe. Disanalah  ia hidup sampai dewasa. Masuknya  Microfilaria ini menimbulkan peradangan, sehingga kita akan merasakan gejala seperti, demam, sakit kepala dan badan, muntah-muntah, lesu, dan tidak nafsu makan.

Cacing dewasa hidup dalam pembuluh limfe. Ia dapat hidup sampai berumur lima tahun. Cacing dewasa ini dapat menimbulkan sumbatan aliran pembuluh limfe. Seringnya  di anggota tubuh bagian bawah, sehingga dapat terjadi pembengkakkan. Pembangkakkan yang lama, dan meluas terlihat seperti kaki gajah, atau yang disebut elephantiasis.

Pengobatan kaki gajah dengan menggunakan diethylcarmazepin 2-3 mg/kg BB yang diberikan 3 kali sehari semama 7-14 hari, kadang sampai 21 hari. Pemberian antibiotik dan penurun panas, hanya jika diperlukan. Untuk sumbatan yang terjadi kadang diperlukan tidakan pembedahan. Serem  ya.

Sebenarnya kita dapat melakukan tindakkan pencegahan kaki gajah. dengan cara berikut ini:

A. Menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga tidak ada sarang nyamuk. Nyamuk sebagai pembawa parasit Filariasis, tidak bisa berkembang biak.

B. Menghindari gigitan nyamuk dengan memakai lotion penolak nyamuk, kelambu, dan memasang obat nyamuk.

C. Jika kita berada di daerah yang endemis penyakit kaki gajah . Jangan lupa meminum obat kaki gajah setahun sekali ( Bulan Oktober ) selama minimal lima tahun berturut-turut.

D. Pencegahan penyaki kaki gajah ini harus menyeluruh. Jika ada penderita Filariasis yang tidak diobati. Maka ia dapat menjadi sumber penularan baru, untuk masyarakat sekitarnya. Karena parasit filaria, yang ada pada satu orang ini dapat menyebar kepada yang lainnya.

 

Ayo Basagiters, jaga kesehatan diri dan keluarga serta lingkungan kita sejak dini. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati, bukan?

 

[ Ditulis oleh Ida Z Rahman ]


Basagita

Basagita community adalah tempat berkumpulnya para penulis. Baik penulis artikel, fiksi, copywriting, ghoswriter, dan sebagainya. Tidak hanya penulis pemula yang bergabung di situ, tetapi juga penulis senior yang beberapa karya tulisannya sudah diterbitkan oleh mayor publishing atau indie publisihing Bukan hanya berfungsi sebagai wadah yang menampung karya penulis yang ditayangkan di web kita basagita. Basagita community juga mengadakan kelas kepenulisan untuk para penulis pemula, seperti kelas fiksi dan nonfiksi. Selanjutnya mereka dilatih secara intens dalam challenge menulis, sebagai latihan untuk membuat tulisan mereka lebih bagus dan sesuai dengan kaedah PUEBI. Yang lebih menarik lagi, di Basagita Community, ada pasukan buzzer yang siap mempromosikan karya-karya anggota Basagita. Bagi anggota yang mempunyai hobi bisnis, pasukan buzzer juga siap ikut mempromosikannya. Pasukan buzzer juga siap bekerja sama dengan klien di luar komunitas Basagita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *